Pengaruh Ekstakurikuler Pencaksilat terhadap Pembentukan Karakter Peserta didik MI NU Baitul Mukminin Kudus tahun pelajaran 2021-2022

Sukiwati, Amin (2023) Pengaruh Ekstakurikuler Pencaksilat terhadap Pembentukan Karakter Peserta didik MI NU Baitul Mukminin Kudus tahun pelajaran 2021-2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (344kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (364kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (611kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (382kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (855kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (274kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai pengaruh Ekstrakurikuler Pencaksilat terhadap Pembentukan Karakter peserta didik MI NU Baitul Mukminin Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif yang mana teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Variable penelitian terdiri dari variable independen yaitu Ekstrakurikuler Pencaksilat (X) dan Pembentukan Karakter (Y). Hipotesis dijawab menggunakan analisis data Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya:1) Ekstrakurikuler Pencaksilat tergolong sedang dengan nilai yang didapatkan yaitu 66,4 yang termasuk dalam interval 64-67. Artinya setiap indikatordari ekstrakurikuler pencaksilat di MI NU Baitul Mukminin Kudus tahun pelajaran 2021-2022 secara umum seluruhnya memiliki kategori “sedang”. 2) Pembentukan Karakter Peserta didik tergolong tinggi dengan nilai yang didapatkan yaitu 86,24 24 yang termasuk dalam interval 86-92. Artinya setiap indikatordari pembentukan karakter peserta didik di MI NU Baitul Mukminin Kudus tahun pelajaran 2021-2022 secara umum seluruhnya memiliki kategori “tinggi”. 3) Ekstra kurikuler pencaksilat berpengaruh signifikan terhadap pembentukan karakter peserta didik di MI NU Baitul Mukminin Kudus tahun pelajaran 2021-2022. Hal ini ditunjukkan dimana t hitung (6,625) lebih besar dari t tabel (1,710). Nilai signifikansi yang diperlihatkan yaitu (0,000 < 0,05). Hal ini dapat disimpulkan bahwa ekstrakurikuler pencaksilat secara signifikan berpengaruh terhadap pembentukan karakter peserta didik di MI NU Baitul Mukminin Kudus tahun pelajaran 2021-2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusilowati, RetnoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengaruh;Ekstrakurikuler Pencaksilat;Pembentukan Karakter Peserta didik;
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:43
Last Modified: 19 Jun 2023 02:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10322

Actions (login required)

View Item View Item