Implementasi Metode Multisensori Untuk Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia MI Roudlotul Wildan Kecamatan Bae Kudus

Khaq, Nur Aziz Amalia (2023) Implementasi Metode Multisensori Untuk Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia MI Roudlotul Wildan Kecamatan Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (372kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (534kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (402kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (589kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (266kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi metode multisensori dalam pelajaran bahasa Indonesia terhadap siswa yang masih kesulitan membaca di MI Roudlotul Wildan Kecamatan Bae Kudus dan untuk mengetahui kemampuan membaca siswa setelah menggunakan metode multisensori di MI Roudlotul Wildan Kecamatan Bae Kudus. Dalam ipenelitian iini ijenis ipenelitian iyang idigunakan ioleh ipenulis adalah penelitian ijenis ifield iresearch iatau iyang isering idisebut ipenelitian langsung ke ilapangan.iDalampenelitian iini, ipenulis imengambil isubyek iyang ditentukan iuntuk imemperoleh iinformasi iyangdimaksud iyaitu iguru idan siswa ikelas iI idi iMIiNU iRoudlotul iWildan iBae iKudus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa siswa yang bernama azka, latif dan anggi yang kesulitan membaca dikarekan sulit membedakan huruf yang hampir sama. Namun dengan adanya Implementasi Metode Multisensori dalam Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Roudlotul Wildan Kecamatan Bae sudah sesuai dengan teori langkah-langah pembelajaran dengan metode multisensori yaitu dengan melakukan langkah-langkah diantaranya pemberian kartu, umpan balik, penulisan kata, penulisan kembali dan arahan khusus. Kemampuan membaca siswa setelah menggunakan metode multisensori di MI Roudlotul Wildan Kecamatan Bae tergolong kategori lulus. Hal ini terlihat dari nilai tengah semester yang siswa dapatkan dimana nilai semua siswa di atas nilai KKM. Dengan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan metode multisensori dapat meningkatkan nilai siswa khususnya mengatasi kesulitan membaca siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZafi, Ashif AzUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Multisensori, Kesulitan Membaca
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:55
Last Modified: 19 Jun 2023 02:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10325

Actions (login required)

View Item View Item