EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION COMMUNICATION TECHNOLOGY DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI CEPOGO TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Rois, Ahmad (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION COMMUNICATION TECHNOLOGY DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI CEPOGO TAHUN PELAJARAN 2016-2017. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
FILE 1 - COVER,NOTA PERSETUJUAN PEMBIMBING. PENGESAHAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FILE 2 - ASTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 3 - DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 4 - BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 5 - BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 6 - BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 7 - BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FILE 8 - BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 9 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Efektivitas pembelajaran adalah ukuran keberhasilan dari suatu proses interaksi antar siswa, maupun antar siswa dengan guru dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan analisis tentang keutamaan media ICT sebagai berikut pertama, pembelajaran berbantuan komputer bila dirancang dengan baik merupakan media pembelajaran yang efektif, dapat memudahkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran. kedua, meningkatkan motivasi belajar siswa, ketiga, Mendukung pembelajaran individual sesuai ke-mampuan siswa, keempat, dapat digunakan sebagai penyampai balikan langsung,kelimaMateri dapat diulang-ulang sesuai keperluan, tanpa menimbulkan rasa jenuh. Sedangkan keterbatasan pembelajaran dengan menggunakan media komputer di MIN Cepogo adalah: pertama, keterbatasan bentuk dialog atau komunikasi antara guru dengan siswa, dan siswa dengan siswa lainnya, kedua, keterseringan menggunakan komputer dapat menyebabkan ketergantungan yang berakibat kurang baik bagi siswa, terutama dalam hal kebiasaan membaca buku, ketiga, Mengurangi sikap interaksi sosial yang seharusnya merupakan bagian penting dalam pendidikan. Media adalah perantara (وسابل) atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan yang mana dalam pembelajaran media sangat dibutuhkan dan menjadi relasi atau alat bantu paling utama dalam proses pembelajaran akan tetapi dalam penggunaan media tentunya ada hambatan-hambatannya dan kesulitan dalam pengadaan media ICT (komputer) pada umumnya adalah permasalahan pendanaan dan sumber daya guru dalam pemanfaatan media itu. Efektivitas Pembelajaran menggunakan media berbasis ICT di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Cepogo Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara dapat diketahui melalui table yang mana nilai disemua pelajaran mengalami kenaikan setiap tahunnya walaupun berkisaran 6%, hal ini membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran komputer saat mengajar di kelas mampu meningkatkanhasil belajar siswa, hal ini disebabkan karena dengan menggunakan media pembelajaran komputer siswa lebih tertarik, dan lebih termotivasi, selain itu dengan menggunakan media pembelajaran komputer siswa yang lamban dalam daya penerimaannya dapat menyesuaikan diri, dengan adanya program pembelajaran interaktif, siswa dapat mengerjakan soal-saol latihan tanpa tergantung pada guru, dengan media pembelajaran komputer.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Media; Efektivitas Media ICT
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 May 2017 01:27
Last Modified: 21 May 2017 01:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1033

Actions (login required)

View Item View Item