Basis Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Bidayatul Hidayah (Studi Pembelajaran Etika Shalat Dalam Kitab Bidayatul Hidayah Di MA NU Ma’arif Kudus)

Rozaq, Muhammad Fatchur (2023) Basis Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Bidayatul Hidayah (Studi Pembelajaran Etika Shalat Dalam Kitab Bidayatul Hidayah Di MA NU Ma’arif Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (275kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (622kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (640kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (251kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)

Abstract

Basis Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Bidayatul Hidayah (Studi Pembelajaran Etika Shalat Dalam Kitab Bidayatul Hidayah Di MA NU Ma’arif Kudus), bertujuan untuk mengetahui peran apa saja yang bisa dilakukan oleh MA Ma’arif Kudus sebagai lembaga pendidikan yang berbasis agama dalam memperdalam dan memperluas pengetahuan dan pemahaman siswa mengenai adab shalat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menambah wawasan tentang pendidikan akhlalq yang tertuang dalam pembelajaran adab shalat yang tertuang dalam kitab Bidayatul Hidayah karya Imam Ghozali. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer meliputi wawancara dengan kepala sekolah, 1 guru, dan seorang siwa MA NU Ma’arif Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur yakni, 1). Wawancara dengan kepala sekolah, 2). Wawancara dengan guru, 3). Wawancara dengan seorang siwa MA NU Ma’arif Kudus. Kemudian observasi partisipatif dengan cara dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas triangulasi, menggunakan bahan referensi dan mengadakan member check. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: 1) Nilai yang diajarkan dalam pengajaran adab shalat dalam kitab Bidayatul Hidayah di MA NU Ma’arif Kudus menyiratkan pendidikan akhlaq dan karakter maliputi kebersihan, kedisiplinan, kesabaran, konsentrasi, sugesti tentang kebaikan. 2) Proses pembelajaran adab shalat dalam kitab Bidayatul Hidayah di MA NU Ma’arif Kudus. Dilakukan dengan 2 cara yaitu secara teori yang dilakukan di kelas dengan sumber buku, kitab, dan internet. Secara praktik di Mushola Sekolah. 3) Manfaat pengajaran nilai dan adab shalat dalam kitab Bidayatul Hidayah di MA NU Ma’arif Kudus. Manfaat yang didapatkan berupa meningkatkan pemahaman mengenai shalat, meningkatkan iman dan ketaqwaan siswa, membentuk akhlaq siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMu'min, Ma'munUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kitab Bidayatul Hidayah, adab shalat, Etika Shalat
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:04
Last Modified: 19 Jun 2023 03:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10331

Actions (login required)

View Item View Item