Evayanti, Vivi Nur (2023) Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Puzzle Index Card Match Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (453kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (441kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (588kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (702kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (930kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (771kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (361kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (562kB) |
Abstract
Pendidikan tidak dapat dipisahkan dengan peran guru dalam penyampaian informasi melalui proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang dilakukan tidak hanya berpatokan pada hasil, tetapi pembelajaran yang bermakna pada konsep untuk menjawab permasalahan yang ditemukan siswa dalam kehidupan. Pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan keterampilan yang diperlukan pada abad ke-21 yaitu keterampilan pemecahan masalah. Peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa harus diikuti dengan penggunaan model dan media pembelajaran yang bermuatan pemecahan masalah pada langkah pembelajarannya. Pembelajaran di SMP Negeri 2 Pamotan masih berpusat pada guru, sehingga keterampilan pemecahan masalah siswa belum dikembangkan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan puzzle index card match terhadap keterampilan pemecahan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental yang menggunakan kelas eksperimen dan kontrol. Desain penelitiannya yaitu nonequivalent control group design yang melakukan pretest dan posttest sebanyak dua kali pada masing-masing kelas eksperimen dan kontrol. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 60 siswa yaitu 30 siswa kelas eksperimen pada kelas VIII A dan 30 siswa kelas kontrol pada kelas VIII B. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif statistik, uji normalitas, uji homogenitas, uji regresi linear sederhana, uji independent sample t-test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan puzzle index card match terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa materi sistem gerak manusia dibuktikan melalui uji regresi linear sederhana diperoleh bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan nilai coefficient variabel X sebesar 0,443 bernilai positif (+), artinya nilai signifikansi lebih kecil daripada taraf signifikansi sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran PBL berbantuan puzzle index card match terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa materi sistem gerak manusia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran PBL, Puzzle Index Card Match, Keterampilan Pemecahan Masalah | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Jun 2023 01:32 | ||||||
Last Modified: | 21 Jun 2023 01:32 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10357 |
Actions (login required)
View Item |