Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Dari Self Eficacy Siswa Pada Model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI)

Nisa, Khairun (2023) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Dari Self Eficacy Siswa Pada Model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (179kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (238kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (228kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (723kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan guna menjelaskan dan menggambarkan tingkat kemampuan pemecahan masalah dalam model pembelajran PMRI yang dimiliki oleh siswa jika ditinjau dari self eficacy yang dimilikinya. Bermula dari sebuah permasalahan mengenai kemampuan pemecahan masalah, hasil studi PISA tahun 2018 (OECD, 2018) dimana Indonesia menempati peringkat 75 dari 80 negara peserta, atau dengan kata lain menempati peringkat keenam terbawah dari seluruh negara peserta PISA yang disurvey dengan rata-rata kemampuan matematika siswa Indonesia yaitu 379, skor tersebut di bawah rata-rata skor internasional yaitu 458,3. Penelitian ini merupakan field research (penelitian lapangan), jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs NU Miftahul Falah Kudus. Subjek dalam penelitian ini adalah 26 orang siswa kelas VIII H. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa, dan instrumen kuisioner untuk mengetahui tingkatan self eficacy yang dimiliki siswa. Dalam menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan untuk analisis data, teknik yang peneliti gunakan adalah model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdsarkan hasil kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) didapatkan bahwa tingkat kemampuan pemecahan Tinggi ada sebanyak 22 siswa dengan presentase 84,61%, tingkat kemampuan pemecahan sedang ada sebanyak 4 siswa dengan presentase 15,38%. Hasil penelitian jika ditinjau dari self eficacy adalah siswa dengan self eficacy tinggi 19,23 % subjek penelitian memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah tinggi, siswa dengan self eficacy sedang 65,38% subjek penelitian memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah tinggi dan siswa dengan self eficacy sedang 15,38 %subjek penelitian memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah sedang . Subjek dengan kemampuan pemecahan masalah serta self eficacy rendah tidak ditemukan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLestari, MulyaningrumUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Self Eficacy Siswa, Pemecahan Masalah Polya
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Jul 2023 03:12
Last Modified: 03 Jul 2023 03:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10429

Actions (login required)

View Item View Item