Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS6 Bermuatan Etnomatematika Pada Materi Pythagoras

Ervinda, Veny (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS6 Bermuatan Etnomatematika Pada Materi Pythagoras. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (423kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (306kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (467kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (849kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (461kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (425kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)

Abstract

Adanya keterbatasan guru matematika di MTs NU Al Munawwaroh dalam menciptakan media pembelajaran. Maka penelitian ini bertujuan untuk merencanakan, membuat, dan mengetahui kelayakan dari pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash CS6 bermuatan etnomatematika pada materi pythagoras. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif kuantitatif. Langkah pengembangan penelitian ini mengacu pada model. Subjek penelitian yang digunakan pada tahap awal adalah peserta didik kelas VIII MTs. NU Al Munawwaroh dengan Jumlah 30 peserta didik. Sedangkan untuk uji coba utamanya menggunakan subyek sebanyak 58 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi media dan materi, serta angket respon peserta didik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash CS6 bermuatan etnomatematika pada materi pythagoras yang dikembangkan telah layak digunakan dalam pembelajaran. Kelayakan ini didapatkan melalui beberapa tahapan setelah pembuatan media. Setelah media berhasil dibuat peneliti kemudian memvalidasikan kebeberapa ahli. Ahli pertama yaitu ahli media, untuk ahli media dilakukan perbaikan selama dua kali., hasil akhirnya mendapatkan skor 179 dengan skor rata-rata 89,5 masuk pada rentang skor x ̅ > 79,995 maka media masuk kategori “Sangat Layak”. Validasi ahli materi dilakukan sebanyak I kali, mendapatkan skor 165 dengan rata-rata 82,5 dengan rentang skor x ̅ > 79,995 masuk pada kategori “Sangat Layak”. 2) Setelah para ahli media menyatakan bahwa media tersebut sudah layak digunakan, kemudian dilakukan uji coba tahap awal. Pada tahap uji coba tahap awal yang menggunakan 30 subyek peserta didik kelas VIII MTs. NU Al Munawwaroh. Uji coba tahap awal mendapat jumlah skor 2.504 dengan rata-rata skor 83,47 dengan rentang skor x ̅ > 79,995 masuk pada kategori “Sangat Layak”. Setelah uji coba skala kecil/ uji coba tahap awal dilakukan dan mendapat penilaian yang menyatakan kelayakannya kemudian dilakukan uji coba skala besar/utama. Uji coba skala besar/produk utama dilakukan oleh 58 subyek. Subyek tersebut adalah peserta didik kelas VIII dari MTs. NU Al Munawwaroh. Uji coba skala utama Mendapatkan skor 5.161 dengan rata-rata skor 88,99 dengan rentang skor x ̅ > 79,995 dalam kategori “Sangat Layak” sehingga produk sudah dapat digunakan sebagai media pembelajaran kelas VIII materi pythagoras.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNoor, Naili LumaatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Media Pembelajaran Interaktif, Adobe Flash CS6, Etnomatematika, Materi Pythagoras.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:31
Last Modified: 06 Jul 2023 02:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10472

Actions (login required)

View Item View Item