Sudarti, Sudarti (2017) PROFESIONALITAS GURU MATA PELAJARAN UJIAN NASIONAL DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUT THULLAB CENGKALSEWU SUKOLILO PATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (560kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (234kB) |
|
Text
4. BAB 1.pdf Download (315kB) |
|
Text
5. BAB 2.pdf Download (550kB) |
|
Text
6. BAB 3.pdf Download (392kB) |
|
Text
7. BAB 4.pdf Download (558kB) |
|
Text
8. BAB 5.pdf Download (156kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
Abstract
Guru akan diuji keberhasilannya dalam pelaksanaan Ujian Nasional. Guru Mata Pelajaran Ujian Nasional (Mapel UN) adalah salah satu elemen penting di dalam lingkup Madrasah Tsanawiyah (MTs), karena Mapel UN adalah mata pelajaran utama yang diujikan secara Nasional bagi institusi pendidikan setingkat SMP/MTs. Mapel UN membutuhkan guru yang menguasai materi pelajaran, baik teori maupun praktek. Disamping itu guru Mapel UN juga dituntut memenuhi persyaratan akademik dan standar kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui profesionalitas guru mata pelajaran Ujian Nasional, mendeskripsikan pengembangan profesionalitas guru mata pelajaran Ujian Nasional, dan mengkaji factor pendukung dan penghambat pengembangan profesionalitas guru mata pelajaran Ujian Nasional di Madrasah Tsanawiyah Miftahut Thullab Kabupaten Pati. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu suatu penelitian di mana peneliti langsung terjun ke lapangan untuk memperoleh data yang benar-benar dapat dipercaya sebagai bahan kajian data. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi langsung ke lapangan, bertujuan untuk memperoleh data secara konkrit mengenai Profesionalitas Guru Mata Pelajaran Ujian Nasional di Madrasah Tsanawiyah Miftahut Thullab. Kemudian analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data yang dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data. Hasil penelitian ini adalah: 1) Profesionalitas guru mata pelajaran Ujian Nasional di MTs Miftahut Thullab Cengkalsewu Sukolilo Kabupaten Pati adalah Penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran UN yang diampunya (Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris). Yakni dengan terpenuhinya perencanaan pengajaran sesuai kurikulum, terpenuhinya pelaksanaan pengajaran sesuai perencanaan pengajaran, dan terpenuhinya evaluasi pembelajaran sesuai dengan prosedur yang berlaku dalam kurikulum. 2) Pengembangan profesionalitas guru mata pelajaran Ujian Nasional di MTs Miftahut Thullab Cengkalsewu dikembangkan melalui kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pemahaman materi, struktur, konsep, metode keilmuan yang menaungi, menerapkan dalam kehidupan sehari- hari. Penguasaan akan metode pengembangan ilmu, telaah kritis, kreatif dan inovatif terhadap mata pelajaran UN dengan mengembangkan kemampuan sesuai dengan profesinya. 3) Faktor pendukung pengembangan profesionalitas guru mata pelajaran Ujian Nasional di MTs Miftahut Thullab antara lain: studi belajar ke jenjang yang lebih tinggi, adanya supervise akademik, pendidikan dan latihan (diklat). Sedangkan faktor penghambatnya pada proses belajar mengajar, baik di dalam kelas maupun di luar kelas guru belum mendekatkan pada proses pembelajaran PAIKEM, dan masih monoton.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profesionalitas Guru; Mata Pelajaran Ujian Nasional |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 21 May 2017 04:37 |
Last Modified: | 21 May 2017 04:37 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1052 |
Actions (login required)
View Item |