Sa’diyah, Shobah Khanifatus (2023) Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Metode Qiro’ati di PAUD Amalul Ummah Salak Padurenan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (455kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (352kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (560kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (526kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (366kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (737kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (345kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (405kB) |
Abstract
Skripsi ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati di PAUD Amalul Ummah Salak Padurenan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pentingnya pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati pada anak usia dini, serta metode Qiro’ati ini akan mekan anak-anak mempelajari Al-Qur’an secara benar, tepat dan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Penelitian inu menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Subjek penelitian ini adalah anak usia dini Kelas A kelompok mangga yang berjumlah 9 anak. Sedangkan sumber data yang diperoleh berasal dari guru kelas A kelompok mangga. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara pengumpulan data, merangkum data dengan memilih hal-hal pokok yang penting, menyajikan data dengan teks yang bersifat naratif, kemudian yang terakhir menarik kesimpulan untuk memperoleh hasil penelitian yang sesuai dengan fokus penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati ini merupakan pembelajaran Al-Qur’an yang dipraktekkan secara langsung oleh santri. Praktek pembelajaran secara langsung yang diterapkan yaitu setalah guru memberikan materi dengan alat peraga secara klasikal, kemudian santri selanjutnya ditunjuk untuk membaca secara individual atau satu-satu. Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati ini difokuskan pada tiga faktor pendukung, yaitu: adanya media atau alat peraga, sikap dan kualitas pengajar, dan kedisiplinan. Selain dari faktor pendukung, tentunya tidak lepas dari faktor penghambat, diantaranya yaitu: kurangnya minat belajar, keterbatasan waktu, dan ruang kelas yang cukup besar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Membaca Al-Qur’an , Metode Qiro’ati, Anak Usia Dini | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2023 01:27 | ||||||
Last Modified: | 18 Jul 2023 01:27 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10588 |
Actions (login required)
View Item |