Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Metode Qiro’ati di PAUD Amalul Ummah Salak Padurenan

Sa’diyah, Shobah Khanifatus (2023) Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Metode Qiro’ati di PAUD Amalul Ummah Salak Padurenan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (455kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (352kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (560kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (526kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (366kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (737kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (345kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (405kB)

Abstract

Skripsi ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati di PAUD Amalul Ummah Salak Padurenan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pentingnya pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati pada anak usia dini, serta metode Qiro’ati ini akan mekan anak-anak mempelajari Al-Qur’an secara benar, tepat dan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Penelitian inu menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Subjek penelitian ini adalah anak usia dini Kelas A kelompok mangga yang berjumlah 9 anak. Sedangkan sumber data yang diperoleh berasal dari guru kelas A kelompok mangga. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara pengumpulan data, merangkum data dengan memilih hal-hal pokok yang penting, menyajikan data dengan teks yang bersifat naratif, kemudian yang terakhir menarik kesimpulan untuk memperoleh hasil penelitian yang sesuai dengan fokus penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati ini merupakan pembelajaran Al-Qur’an yang dipraktekkan secara langsung oleh santri. Praktek pembelajaran secara langsung yang diterapkan yaitu setalah guru memberikan materi dengan alat peraga secara klasikal, kemudian santri selanjutnya ditunjuk untuk membaca secara individual atau satu-satu. Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati ini difokuskan pada tiga faktor pendukung, yaitu: adanya media atau alat peraga, sikap dan kualitas pengajar, dan kedisiplinan. Selain dari faktor pendukung, tentunya tidak lepas dari faktor penghambat, diantaranya yaitu: kurangnya minat belajar, keterbatasan waktu, dan ruang kelas yang cukup besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMailasari, Dewi UlyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Membaca Al-Qur’an , Metode Qiro’ati, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:27
Last Modified: 18 Jul 2023 01:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10588

Actions (login required)

View Item View Item