Nilai-Nilai Karakter Islami dalam Novel Si Anak Savana Karya Tere Liye Dan Relevansinya Dengan Penanaman Pendidikan Karakter Jenjang Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Sa’adah, Fatimatus (2023) Nilai-Nilai Karakter Islami dalam Novel Si Anak Savana Karya Tere Liye Dan Relevansinya Dengan Penanaman Pendidikan Karakter Jenjang Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (903kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (226kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (256kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (909kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (303kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan novel Si Anak Savana karya Tere Liye, 2) mendeskripsikan nilai-nilai karakter islami yang terkandung dalam novel Si Anak Savana karya Tere Liye, dan 3) menganalisis relevansi nilai-nilai karakter Islami dalam novel Si Anak Savana dengan penanaman pendidikan karakter jenjang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi yang meliputi sumber primer dan sekunder. Dari keseluruhan data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode content analysis. Langkah-langkah yang ditempuh dalam analisis data diantaranya menyeleksi teks, menyusun item-item yang spesifik, meneliti teks serta mengetengahkan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Novel Si Anak Savana merupakan buku ke delapan dari serial anak nusantara karya Tere Liye, diterbitkan oleh PT Sabak Grip Nusantara pada tahun 2022. Novel ini karya ke 49 dari 51 karyanya. Novel Si Anak Savana terdiri dari 31 bagian, 382 halaman, dan berukuran 20,5 cm x 13,5 cm. Novel ini menceritakan tokoh Wanga. Kelebihan novel ini mengandung banyak pesan moral yang dapat diambil pembaca. 2) Nilai-nilai karakter islami yang terkandung dalam novel Si Anak Savana yaitu terdapat 14 nilai karakter yaitu religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, cinta tanah air, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. 3) Nilai-nilai karakter Islami yang terdapat dalam novel Si Anak Savana relevan dengan penanaman pendidikan karakter jenjang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah sesuai dengan indikator yang terdapat dalam kemendiknas 2010 Hasil penelitian ini memberikan kontribusi untuk memperkaya literasi bagi siswa jenjang pendidikan dasar dalam membentuk karakter peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHuda, MualimulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Karakter Islami, Novel Si Anak Savana, Pendidikan Karakter, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:44
Last Modified: 20 Jul 2023 07:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10608

Actions (login required)

View Item View Item