Pendekatan Model Pembelajaran Contextual Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Matematika Di Kelas 3 MI NU Basiyrul Anam Tanggulangin Kudus

Solichatun, Siti (2022) Pendekatan Model Pembelajaran Contextual Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Matematika Di Kelas 3 MI NU Basiyrul Anam Tanggulangin Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (937kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (357kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini adalah bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan prosedur dan teknis penggunaan pendekatan model pembelajaran CTL pada Mata pelajaran Matematika di Kelas 3 MI NU Basiyrul Anam Tangulangin Kudus. 2) menganalisa dan mendeskripsikan hasil pembelajaran Mata pelajaran Matematika siswa di Kelas 3 MI NU Basiyrul Anam Tangulangin Kudus dengan pendekatan pendekatan model pembelajaran CTL. 3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penggunaan pendekatan model pembelajaran CTL pada Mata pelajaran Matematika di Kelas 3 MI NU Basiyrul Anam Tangulangin Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian lapangan, menganalisa dan mendeskripsikan proeses pembelajaran dengan CTL. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, obsservasi dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan menggunakan analisa triangulasi, yaitu reduksi data, pemaparan data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur dan teknis penggunaan pendekatan model pembelajaran CTL pada Mata pelajaran Matematika di Kelas 3 MI NU Basiyrul Anam Tangulangin Kudus adalah mengarahkan pada konsep kontruktivisme, menciptakan pembelajaran yang inquiry, mengarahkan pada stimulus siswa agar mau bertanya, kemudian mengorganisasikan siswa dalam kelompok belajar, melakukan refleksi pembelajaran, dan melakukan penilaian secara menyuluruh atau autentik. Hasil pembelajaran Mata pelajaran Matematika siswa di Kelas 3 MI NU Basiyrul Anam Tangulangin Kudus dengan pendekatan model pembelajaran CTL didasarkan pada evaluasi sumatif melalui rekap nilai pembelajaran sebelum menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan nilai pembelajaran setelah menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dari proses pembelajaran mata pelajaran Matematika. Dalam menerapkan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas 3 MI NU Basiyrul Anam Tangulangin Kudus faktor pendukungnya adalah sarana dan prasarana sekolah dan selain itu faktor pendukung dari penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah tergantung pada siswa itu sendiri, karena apabila siswa itu aktif maka penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) sangat bagus untuk dilaksanakan dan siswa yang aktif itu akan mudah termotivasi, sehingga proses pembelajaran akan berlangsung dengan lancar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNasir, AminUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL), Mapel Matematika
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:58
Last Modified: 21 Jul 2023 02:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10613

Actions (login required)

View Item View Item