Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII MTs Islamiyyah Syafi’iyah Gandrirojo Pada Pembelajaran Matematika

Khoeroh, Mubtadi’ul (2023) Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII MTs Islamiyyah Syafi’iyah Gandrirojo Pada Pembelajaran Matematika. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (393kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (458kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (461kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (491kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (298kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB)

Abstract

Pembelajaran matematika cenderung menggunakan model pembelajaran langsung sehingga siswa mudah bosan saat pembelajaran berlangsung dan siswa tidak memahami materi yang disampaikan, hal ini berakibat pada hasil belajar kognitif yang didapatkan kurang memuaskan serta berdampak pada rendah Kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam peningkatan hsil belajar kognitif siswa dan kemampuannya dalam berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Islamiyyah Syafi’iyah Gandrirojo. Sedangkan sampel diambil dua kelas yaitu kelas VII A yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa dan tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Dalam uji hipotesis independent t-test untuk menghitung perbedaan hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran matematika. Hasil perhitungan uji independent t-test : 1) tes pilihan ganda hasil belajar kognitif siswa diperoleh nilai thitung = 3,143 > ttabel = 1,67155 dan nilai Sig. (2-tailed) 0,003 ˂ 0,05; maka kesimpulannya adalah H0 ditolak yang berarti H1 diterima sehingga hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih baik dibandingka hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan nila rata-rata kelas A = 79,7917 dan rata-rata kelas B =71,6667. 2) Kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh nilai thitung = 2,683 > ttabel = 1,67155 dan nilai Sig. (2-tailed) 0,009 ˂ 0,05; maka kesimpulannya adalah H0 ditolak yang berarti H1 diterima sehingga kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih baik dibandingkan kemampuan berpiir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan nilai rata-rata kelas A = 75,00 dan rata-rata kelas B = 68,50.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLestari, MulyaningrumUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Think Talk Write (TTW), Hasil Belajar Kognitif, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:09
Last Modified: 21 Jul 2023 03:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10615

Actions (login required)

View Item View Item