Pengaruh Aplikasi Google Earth Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di MTs Maslakul Falah Glagahwaru Undaan Kudus

Khoirot, Muawwinatul (2023) Pengaruh Aplikasi Google Earth Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di MTs Maslakul Falah Glagahwaru Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (341kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (227kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh aplikasi google earth untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar pada siswa sebelum mendapatkan pelakuan pemanfatan aplikasi google earth pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Maslakul Falah Glagahwaru Undaan Kudus. (2) Perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah pelakuan pemanfatan aplikasi google earth kelas VIII di MTs Maslakul Falah Glagahwaru Undaan Kudus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk penelitian eksperimen dengan menggunakan one group pretest posttest design. Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa teknik yaitu: tes, dan dokumentasi. Kemudian menganalisis menggunakan uji paired sample test. Adapun yang menjadi polupasi adalah siswa kelas VIII MTs Maslakul Falah Glagahwaru Undaan Kudus dengan jumlah seluruh 45 siswa. Peneliti mengambil sempel 22 siswa dari kelas VIII A. Teknik pengambilan sempel dengan purposive sampling. Sebelum penelitian lembar tes 20 dari variabel diuji cobakan terlebih dahulu. Adapun hasil dari uji validitas untuk variabel semua item soal valid yaitu berjumlah 20. Hasil uji reliabilitas yang memperoleh hasil 0,841 dengan rumus Cronbach’s Alpha dari nilai ketentuan yaitu 0,60. Maka variabel tersebut dikatakan reliabel. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Hasil belajar pada siswa sebelum mendapatkan pelakuan aplikasi google earth pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Maslakul Falah Glagahwaru Undaan Kudus. Dalam menggunakan metode ceramah tersebut guru menyampaikan materi yang perlu disampaikan atau yang harus diketahui setelah itu menjelaskan menggunakan gambar yang ada pada LKS, sedangkan siswa hanya mendengarkan penjelasan guru dan melakukan tugas yang diberikan oleh guru. Hal ini membuat siswa jenuh dalam proses pembelajaran sehingga siswa kurang memahami materi pembelajaran dengan baik. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti mendapatkan hasil belajar dengan nilai rata-rata sebesar 44,55 sebelum mendapatkan perlakuan aplikasi google earth (pretest). (2) Pengaruh atau Perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah pelakuan aplikasi google earth kelas VIII di MTs Maslakul Falah Glagahwaru Undaan Kudus. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan pada nilai rata-rata pretest memiliki nilai 44, 55 dan pada nilai rata-rata posttest sebesar 72,95. Di mana nilai rata-rata dari post test lebih tinggi dari pada nilai rata-rata pretest. Hasil analisis Paired Sample T-test menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Sesuai dengan kriteria jika nilai signifikan < 0,05 berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAkbar, Rofiq FaudyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Google Earth, Hasil Belajar, Pelajaran Ips
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:15
Last Modified: 21 Jul 2023 07:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10625

Actions (login required)

View Item View Item