Manajemen Evaluasi Pembelajaran Tematik di Raudhatul Athfal AT-Tanbih Getas Pejaten Jati Kudus

Sholihati, Sholihati (2023) Manajemen Evaluasi Pembelajaran Tematik di Raudhatul Athfal AT-Tanbih Getas Pejaten Jati Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (874kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (929kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)

Abstract

Penelitian tesis ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Evaluasi Pembelajaran Tematik di Raudhatul Athfal AT-Tanbih Getas Pejaten Jati Kudus diantaranya yaitu: (1) Perencanaan evaluasi pembelajaran tematik, (2) Pelaksanaanevaluasi pembelajaran tematik, dan (3) Pengawasan dan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan sampelnya menggunakan strategi non probability sampel dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling. Setelah itu dilakukan uji keabsahan data dan uji reliabilitas data. Semua data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan evaluasi pembelajaran tematik di Raudhatul Athfal AT-Tanbih Getas Pejaten Jati Kudus ini guru kelas dan waka kurikulum merumuskan/menetapkan kegiatan, menyiapkan alat penilaian/teknik penilaian, menetapkan kriteria penilaian, mengumpulkan data dan menentukan nilai. Perencanaan evaluasi pembelajaran tematik disusun sebelum tahun pelajaran baru dimulai yang disesuaikan dengan RPPM dan RPPH yang telah dibuat. Pada pelaksanaan pembelajaran penilaian/evaluasi dilakukan dengan dua cara yaitu ceklis dan aplikasi Ardira. Teknik evaluasi yang sudah direncanakan dan ditentukan dilaksanakan oleh guru kelas dengan benar agar hasil evaluasi bisa mencapai maksimal. (2) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran tematik di Raudhatul Athfal AT-Tanbih Getas Pejaten Jati Kudus berjalan sesuai dengan jadwal yang di rencanakan dan pelaksanaannya sesuai dengan program tahunan yang disusun. Dalam pelaksanaan evaluasi guru kelas mengadakan penilaian harian ketika materi telah disampaikan dan sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditentukan. Selain itu juga ada penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester. (3) Pengawasan dan tindak lanjut dalam evaluasi pembelajaran tematik di Raudhatul Athfal AT-Tanbih Getas Pejaten Jati Kudus telah dilaksanakan oleh kepala sekolah secara berkala setiap bulan dan semester melalui kegiatan supervisi guru sesuai yang telah di rencanakan dan sebagai perbaikan dalam pembelajaran yang akan datang setelah ada beberapa respon timbal balik dari pihak orang tua wali murid tentang hasil evauasi belajar anak. Guru kelas merangkum hasil evaluasi dari peserta didik sebagai bahan perbaikan untuk penerapan metode yang telah di gunakan dan menyusun tidak lanjut penerapan metode yang lebih tepat dalam pembelajaran tematik. Hal ini dilakukan sebagai langkah meningkatkan kinerja guru kelas, koordinasi secara intensif, merencanakan kegiatan belajar yang lebih baik sesuai dengan tingkat perkembangan anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfferi, AdriUNSPECIFIED
Thesis advisorNofiaturrahmah, FifiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: manajemen evaluasi, evaluasi pembelajaran, tematik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:13
Last Modified: 24 Jul 2023 02:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10644

Actions (login required)

View Item View Item