Afidah, Nila Namirotul (2023) Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Metode Yanbu’a Dan Metode Iqro’ Di Madrasah Diniyah Hidayatul Insan Gedangan Wirosari Grobogan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (347kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (292kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (640kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (820kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (354kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (273kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (412kB) |
Abstract
Program strata satu (S1) fakultas tarbiyah, program studi pendidikan agama islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri Kudus 2022. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur’an melalui dua metode yakni metode Yanbu’a dan metode Iqro’ di Madrasah Diniyah Hidayatul Insan Gedangan Wirosari Grobogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif penelitian lapangan (file reseach) dengan metode deskriptif analitis. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis reduksi data, dan verifikasi data. Penyajian juga melakukan pengecekan keabsahan yang meliputi uji credibility, uji transferability, uji dependability, dan uji confermability. Untuk tahap penelitian mengunakan tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data, dan tahap laporan. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur’an santri melalui metode Yanbu’a dan metode Iqro’ di Madrasah Diniyah Hidayatul Insan. 2) Apakah faktor penghambat dan pendukung dalam peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur’an melalui metode Yanbu’a dan metode Iqro’ di Madrasah Diniyah Hidayatul Insan. Hasil penilitan diperoleh: Pertama, kemampuan membaca Al-Qur’an santri melalui metode Yanbua dan metode Iqro’ mengalami peningkatan, dengan memberikan hasil nilai ketuntasan lebih banyak dibandingkan nilai tidak tuntas. Kedua, Terdapat faktor penghambat dan faktor pendukung dalam proses peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur’an melalui metode Yanbu’a dan metode Iqro’ meliputi faktor internal dan faktor eksternal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan, kemampuan, BTA, Yanbu’a, Iqro’ | |||||||||
Subjects: | Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2023 01:30 | |||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2023 01:30 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10654 |
Actions (login required)
View Item |