Analisis Strategi Rekrutmen Tenaga Pendidik Pada MTs Assalam Bangilan Tuban

Afiatin, Ifa Sindhi (2023) Analisis Strategi Rekrutmen Tenaga Pendidik Pada MTs Assalam Bangilan Tuban. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (232kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui aturan, pelaksanaan perekrutan tenaga pendidik pada MTs Assalam Bangilan Tuban, dimana perekrutan yang dilakukan madrasah MTs Asslam Bangilan Tuban sebagian besar merekrut tenaga pendidik dari alumninya sendiri yaitu dari lulusan Aliyah itu sendiri. Madrasah MTs Assalam Bangilan Tuban masih dalam satu yayasan dengan madrasah aliyah itu sendiri dan memilik pondok pesantren. Tujuan merekrut tenaga pendidik dari alumni agar dapat menjadikan MTs Assalam tetap kepada metode pendidikan yang sudah diajarkan kepada peserta didik semenjak menempuh pendidikan dibangku madrasah Aliyah serta alumni mampu mengamalkan ilmu yang sudah didapat dan mendidik peserta didik untuk belajar mengabdi secara ikhlas. Adapun manfaat yang akan dicapai dari penelitian ini sebagai kontribusi pemikiran dan ikut memperluas wacana keilmuan, khususnya mengenai perekrutan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dimana dalam Pengumpulan data penulis menggunakan metode, wawancara, observasi, dokumentasi. Analasis data menggunakan analisis kualitatif diskriptif. Guna menguatkan hasil penelitian peneliti melampirkan hasil wawancara, dokumentasi, dan observasi pada lampiran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya peraturan yang dilakukan MTs Assalam Bangilan Tuban dalam perekrutan tenaga pendidik adalah: a)Diutamakan alumni Pondok Pesantren Assalam Bangilan Tuban, b) Berakhlak baik, c) Berprestasi, d) Jujur, e) Bertanggung jawab, f) Melalui praktek mengajar sesuai dengan metode yang diterapkan oleh MTs Assalam Bangilan Tuban. Adapun prosedur pelaksanaan perekrutan tenaga pendidik pada MTs Assalam Bangilan Tuban meliputi: a) langkah persiapan, b) Perencanaan tenaga pendidik baru, c) Seleksi calon tenaga pendidik, d) Penentuan diterima atau ditolak. Adapun Hasil pelaksanaan perekrutan tenaga pendidik pada MTs Assalam Bangilan Tuban dalam pemberdayaan alumni sebagai tenaga pendidik memiliki kelebihan dan kekurangan adapun kelebihannya adalah: a) Memiliki jiwa atau rasa memiliki terhadap pondok pesantren, b) Langsung dapat mengamalkan apa yang telah didapatkan dari Pondok Pesantren, c) Dapat digunakan sebagai pengalaman pertama dalam melaksanakan kewajiban sebagai tenaga pendidik sebelum terjun langsung di masyarakat tempat tinggal maupun masyarakat di luar pondok pesantren, d) Pengembangan potensi mendidik bagi alumni.Sedangkan kekurangan dalam pemberdayaan alumni sebagai tenaga pendidik adalah: a) Kurang memenuhi spesifikasi atau aturan yang berlaku sebagai tenaga pendidik, b) Kurang mempunyai pengalaman dalam mendidik peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKisbiyanto, KisbiyantoUNSPECIFIED
Thesis advisorFu'adah, LalilyUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Rekrutmen, dan Tenaga Pendidik.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:48
Last Modified: 26 Jul 2023 01:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10676

Actions (login required)

View Item View Item