Pengaruh Model RME (Realistic Mathematics Education) Berbasis Nilai-Nilai Islam Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas Viii Mts Nu Nurul Huda Kudus

Rachmawati, Wildatul Ula (2023) Pengaruh Model RME (Realistic Mathematics Education) Berbasis Nilai-Nilai Islam Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas Viii Mts Nu Nurul Huda Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (992kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (498kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (589kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (784kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (835kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (719kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (496kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang memiliki kemampuan koneksi matematis lebih baik, siswa yang dikenai model RME berbasis nilai-nilai Islam atau siswa yang dikenai model langsung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs NU Nurul Huda Kudus. Sementara sampel terdiri dari dua kelas yang diambil secara random menggunakan teknik cluster random sampling. Kedua kelas tersebut adalah kelas VIII F terdiri dari 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D terdiri dari 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik parametrik independent sample t-test berbantuan SPSS 26. Setelah diterapkannya model RME berbasis nilai-nilai Islam, diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil tes kemampuan koneksi matematis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Melalui uji independent sample t-test diperoleh nilai t_hitung=7,925>t_tabel=1,670 sehingga keputusan H_0 ditolak. Akibatnya, siswa di kelas eksperimen yang dikenai model RME berbasis nilai-nilai Islam memiliki kemampuan koneksi matematis siswa lebih baik daripada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan, penerapan model RME berbasis nilai-nilai Islam mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMaharani, RizqonaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model RME, Nilai-Nilai Islam, dan Kemampuan Koneksi Matematis
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:31
Last Modified: 28 Jul 2023 01:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10704

Actions (login required)

View Item View Item