Fatonah, Siti (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi TikTok dengan Nilai-Nilai Keislaman pada Materi Sistem Reproduksi Kelas XI SMA/MA. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (287kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (236kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (577kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (328kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (225kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (370kB) |
Abstract
Pada saat ini, pengetahuan kesehatan reproduksi pada remaja rendah dan guru membutuhkan inovasi media pembelajaran yang menarik ditengah merebaknya media sosial yang memiliki dampak negatif bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan dan tingkat kevalidan produk melalui validasi media dan materi serta kepraktisan guru dan siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (RnD) dengan model 4-D/Four-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Terdapat 4 tahapan dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi TikTok yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Produk pada penelitian ini, media dan instrument di uji kevalidan pada ahli media dan ahli materi. Selanjutnya, diuji kepraktisan pada guru dan siswa kelas XI MIPA 5 berjumlah 24 siswa di SMA Negeri 1 Bae Kudus yang telah mendapatkan materi sistem reproduksi pada mata pelajaran Biologi. Teknik pengambilan data melalui observasi, angket dan dokumentasi. Selanjutnya, data yang didapatkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis aplikasi dengan nilai-nilai keislaman pada materi sistem reproduksi. Produk telah memenuhi kriteria valid dan praktis dengan perolehan skor persentase dari ahli media dan ahli materi sebesar 90% dengan kategori “Sangat Valid”. Kepraktisan produk oleh guru memperoleh skor 97% dengan kategori “Sangat Praktis” dan oleh siswa mendapatkan skor 77% dengan kategori “Sangat Praktis”. Sehingga. Media yang dikembangkan diharapkan dapat menjadi alternatif media pembelajaran, menjawab kebutuhan guru di sekolah, serta mengedukasi remaja tentang kesehatan reproduksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media, Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi TikTok, Sistem Reproduksi, Nilai-Nilai Keislaman, Uji Kepraktisan | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2023 02:43 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2023 02:43 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10726 |
Actions (login required)
View Item |