Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VII di MTs Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022

Fatmawati, Siti (2023) Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VII di MTs Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (437kB)
[img] Text
3 .DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (633kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (662kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (476kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (289kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (387kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VII di MTs Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif yang mana teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Variable penelitian terdiri dari variable independen yaitu Hafalan Al Qur’an (X) dan Prestasi Belajar (Y). Hipotesis dijawab menggunakan analisis data Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya: 1) Hafalan Al Qur’an Peserta didik kelas VII di MTs Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus tahun Pelajaran 2021/2022 adalah sedang, yang dijalankan oleh 49 responden atau 61%. Pelaksanaan Hafalan Al Qur’an dijalankan tiga kali pertemuan dalam setiap minggunya. Hafalan Al Qur’an juga dikhususkan bagi kelas VII. 2) Prestasi belajar Peserta didik kelas VII di MTs Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus tahun Pelajaran 2021/2022 adalah sedang yang dijalankan oleh 61 responden atau 76%. Pelaksanaan pembelajaran Al Qur’an dan Hadits di MTs Hidayatul Mustafidin Dawe tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan sekolah lainnya, namun ketika guru bersinggungan dengan ayat-ayat Al Qur’an yang umum disampaikan, maka peserta didik diminta untuk membaca dan tidak jarang melafalkan ayat tersebut tanpa melihat teks. 3) Program hafalan Al Qur’an memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan uji t diperoleh t hitung lebih besar dari nilai t tabel (2,322 > 1,665) nilai signifkansi yang didapatkan lebih kecil daripada nilai probabilitas (0,02 < 0,05). Melalui hal ini dapat disimpulkan bahwasannya Ho ditolak dan Ha diterima (terdapat pengaruh) sehingga hafalan Al Qur’an merupakan variabel independen yang berpengaruh terhadap prestasi belajar Peserta Didik di kelas VII di MTs Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFalah, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Hafalan Al Qur’an;Prestasi Belajar;
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:43
Last Modified: 28 Jul 2023 06:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10732

Actions (login required)

View Item View Item