Efektivitas Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Sukardi, Dita Amelia (2023) Efektivitas Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (409kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (372kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (409kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (584kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (457kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (458kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (299kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (368kB)

Abstract

Matematika adalah bidang studi yang ada pada setiap jenjang pendidikan. Meskipun begitu masih banyak siswa sulit memahami dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pembelajaran matematika karena berbagai faktor salah satunya karena pemilihan model matematika oleh guru yang kurang tepat. Oleh karena itu diperlukan pemilihan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang baik digunakan untuk pembelajaran matematika adalah pendekatan RME, yaitu pendekatan pembelajaran yang mengaitkan kehidupan sehari-hari dengan materi matematika. Peneliti tertarik melakukan penelitian untuk mengetahui hasil belajar matematika dengan menggunakan pendekatan RME dengan judul “Efektivitas Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi SPLDV”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika materi SPLDV dengan pendekatan RME dan mengetahui efektivitas pendekatan RME terhadap hasil belajar siswa materi SPLDV (Sistem Persamaan Linear Dua Variabel). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Juwana pada tanggal 2 Januari 2023 sampai 9 Januari 2023 dengan populasi seluruh siswa kelas VIII sebanyak 325 siswa mulai dari kelas VIII A sampai kelas VIII J. Diambil kelas VIII A sebanyak 32 siswa untuk sampel penelitian dengan cara pengambilan menggunakan metode cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan 5 butir instrumen tes yang diberikan kepada siswa untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan RME. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data antara lain, uji normalitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji Paired Sampel T-Test. Hasil analisis berdasarkan uji hipotesis dengan rumus paired sampel t-test menyatakan bahwa nilai sig. sebesar 0,00 < 0,05 maka terdapat perbedaan antara nilai pretest dan posttest. Lalu didapatkan hasil nilai thitung (13,193) > ttabel (1,696) berarti H0 ditolak dan H1 diterima maka terdapat efektivitas pendekatan RME terhadap hasil belajar matematika materi SPLDV. Sementara itu, rata-rata nilai posttest (86,88) lebih besar dari nilai pretest (53,44), ini menandakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa materi SPLDV setelah diadakan pembelajaran matematika dengan pendekatan RME. Berdasarkan analisis data di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pendekatan RME efektif digunakan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Juwana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWidiyantuti, WahyuningUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendekatan RME, Hasil Belajar, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:55
Last Modified: 02 Aug 2023 02:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10752

Actions (login required)

View Item View Item