Miliriskiana, Ima (2017) IMPLEMENTASI METODE HIWAR QUR’ANI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD 1 TUMPANGKRASAK JATI KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 4 BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 5 BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 6 BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 7 BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 8 BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Keberhasilan siswa di sekolah dapat diketahui berdasarkan proses pembelajaran yang berkualitas, sehingga dapat mewujudkan tujuan pendidikan. Begitu juga dengan, implementasi metode Hiwar Qur’ani untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa, pada mapel Pendidikan Agama Islam di SD 1 Tumpangkrasak Jati Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD 1 Tumpangkrasak Jati Kudus Tahun Ajaran 2016/2017. 2) Implementasi metode Hiwar Qur’ani untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD 1 Tumpangkrasak Jati Kudus Tahun Ajaran 2016/2017. 3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi metode Hiwar Qur’ani untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD 1 Tumpangkrasak Jati Kudus Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitaian ini menggunakan penelitian field research (penelitian lapangan), di SD 1 Tumpangkrasak Jati Kudus ruang lingkup kelas IV. Data yang telah terkumpul diadakan penganalisisan dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengetahui, implementasi metode Hiwar Qur’ani untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD 1 Tumpangkrasak Jati Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukan: 1) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD I Tumpangkrasak Jati Kudus, kelas 1-4 mengunakan kurikulum 2013, sedangkan kelas 4-6 mengunakan kurikulum KTSP. 2) Implementasi metode Hiwar Qur’ani untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD 1 Tumpangkrasak Jati Kudus, mampu mendorong siswa untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis serta aktif mengajukan ide-ide maupun gagasan dari persoalan yang muncul/sengaja dimunculkan oleh guru yaitu dengan menggunakan teknik pembelajaran tanya jawab, diskusi dan sumbang saran dalam proses pembelajarananya. 3) Faktor pendukung implementasi metode Hiwar Qur’ani untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD 1 Tumpangkrasak Jati Kudus yaitu: Motivasi, sarana prasarana/sumber bahan ajar dan iklim sosial belajar. Adapun faktor penghambatnya yaitu: Karakter peserta didik, cara penyampaian guru membuat siswa tegang dan siswa kurang kosentrasi dalam pembelajaran. Sedangkan solusinya yaitu: Memanfaatkan karakter siswa, perbaikan cara penyampaian guru dan menyisipkan ide permainan atau cerita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Hiwar Qur’ani; Kemampuan Berfikir Kritis Siswa dan Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 May 2017 02:11 |
Last Modified: | 25 May 2017 02:11 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1077 |
Actions (login required)
View Item |