Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas IX Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Haris, Ahmad (2023) Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas IX Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (367kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (465kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (368kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (749kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)

Abstract

Fakta menunjukkan bahwa masih ditemukan masalah mengenai buku teks siswa yang belum dapat membuat siswa tertarik dan semangat dalam belajar, diduga buku teks juga kurang mampu mengembangkan psikomotorik dan proses berfikir peserta didik, hal ini kadang kalanya juga terdapat kecelakaan kerja dalam proses belajar mengajar. Oleh karenanya peneliti melakukan penelitian yang berkaitan dengan masalah masalah tersebut. keberadaan buku teks siswa sangat penting bagi proses belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dalam upaya mencari Kelayakan Penyajian Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas IX Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Penelitian ini menggunakan penelitian berjenis kepustakaan atau library reserch. penelitian ini bersifat deskriptif-kualitatif. Penlitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data-data yang bersumber dari buku, jurnal, artikel, dan tulisan-tulisan tertentu yang dapat dilakukan di perpustakaan maupun rumah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs kelas IX Edisi Revisi 2018 terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sudah layak digunakan sebagai bahan ajar sebagaimana mestinya. Setiap bab memilki penyajian pembelajaran yang berpusat pada siswa serta dapat mengembangkan proses berpikir dan mengembangkan psikomotorik siswa sesuai dengan kata kerja operasional pada SK dan KD. Meskipun di salah satu praktek lapangan belum memberikan petunjuk yang jelas berhubungan dengan aspek keselamatan kerja, namun secara keseluruhan buku teks sudah memenuhi kriteria aspek keselamatan kerja dengan memberikan arahan kepada orang tua untuk membimbing dan mengawasi peserta didik di lingkungan tempat tinggalnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSophya, Ida VeraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kelayakan Penyajian dan Buku Teks
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:59
Last Modified: 09 Aug 2023 02:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10807

Actions (login required)

View Item View Item