Pengaruh Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Indera MA Sunan Prawoto

Muzdalifah, Syarifah Azizatul (2023) Pengaruh Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Indera MA Sunan Prawoto. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (479kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (689kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (698kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (492kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (483kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: 1) untuk mengetahui implementasi model problem based learning berbantuan multimedia terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem indera di MA Sunan Prawoto. 2) untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model problem based learning berbantuan multimedia pada materi sistem indera di MA Sunan Prawoto. 3) untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan multimedia terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem indera di MA Sunan Prawoto. 4) untuk mengetahui respon siswa terhadap implementasi model problem based learning berbantuan multimedia pada materi sistem indera di MA Sunan Prawoto. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-experimental dengan pendekatan kuantitatif yang datanya berupa angka-angka. Desain dalam penelitian ini one group pretest-posttest yakni menggunakan satu kelas saja sebagai sampel penelitiannya. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis cluster random. Populasi penelitian ini adalah kelas XI MIPA dengan jumlah siswa sebanyak 78. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 34. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini berupa uji instrument, uji prasyarat, dan uji hipotesis dengan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pretest sebesar 45,34, posttest sebesar 83,55, dan N-gain sebesar 0,7 dengan kategori sedang. Hasil dari prasyarat berupa uji normalitas jenis Kolmogorov-Smirnov memperlihatkan tingkat signifikansi sebesar 0,51 > 0,05. Uji homogenitas jenis Levene test menunjukkan data pretest sebesar 0,049 dan posttest sebesar 0,250. Uji hipotesis jenis Wilcoxon Sig Rank Test dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga keputusannya ialah H0 ditolak atau terdapat pengaruh implementasi model PBL berbantuan multimedia terhadap kemampuan berpikir kritis. Respon siswa dengan penerapan model problem based learning berbantuan multimedia menunjukkan nilai persentase sebesar 73,52% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLaelasari, IseuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Multimedia, Problem Based Learning, Sistem Indera
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Aug 2023 01:50
Last Modified: 14 Aug 2023 01:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10834

Actions (login required)

View Item View Item