Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Pada Santri Baru Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Roudlotus Sholihin Bae Kudus

Wilukismawati, Rizki (2023) Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Pada Santri Baru Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Roudlotus Sholihin Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Daftar isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui tingkat penyesuaian diri pada santri baru sebelum mendapatkan bimbingan kelompok di PPTQ Roudlotus Sholihin Bae Kudus, 2) Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok pada santri baru di PPTQ Roudlotus Sholohin Bae Kudus, dan 3) Untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok untuk meningkatkan penyesuaian diri pada santri baru di PPTQ Roudlotus Sholihin Bae Kudus. Jenis penelitin yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Dengan metode penelitian eksperimen desain One Grup Pretest Posttest. Setting penelitian ini yaitu berlokasi di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Roudlotus Sholihin Bae Kudus. Populasi pada penelitian ini adalah semua santri baru PPTQ Roudlotus Sholihin Bae Kudus yang berjumlah 18 santri. Sampel di penelitian ini diambil 10 santri yang dipilih secara heterogen. Desain penelitian ini yaitu penyesuaian diri sebelum diberikan treatment (pretest), pemberian treatment dengan bimbingan kelompok, dan penyesuaian diri setelah diberikan treatment. Desain variabel penelitian ini yaitu variabel independen (Bimbingan kelompok) dan variabel dependen (Penyesuaian diri). Dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dengan rumus product moment dan reliabilitas memiliki nilai croncach's Alpha sebesar 0.892. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan 1) Tingkat penyesuaian diri santri baru sebelum mendapatkan bimbingan kelompok dapat dikategorikan rendah(61,4), sedang (67,6), dan tinggi (80,5). 2) Pelaksanaan bimbingan kelompok pada santri baru di PPTQ Roudlotus Sholihin dilakukan enam kali pertemuan, dan setiap pertemuan melalui empat tahap yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan dan tahap pengakhiran. 3) Efektivitas bimbingan kelompok untuk meningkatkan penyesuaian diri pada santri baru di PPTQ Roudlotus Sholihin Bae Kudus, dapat dilihat pada hasil uji normalitas dan uji hipotesis. Ha diterima berdasarkan pada hasil analisis dan diketahui bahwa nilai t hitung sebesar -12,038. Sedangkan nilai probabillitas atau Sig. 2 tailed sebesar 0,000 < 0,05. Nilai t tabel dari tabel distribusi t diperoleh nilai t hitung sebesar 2,228 sehingga terdapat perubahan yang signifikan setelah diberikan treatment berupa bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhafidhoh, InayatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Penyesuaian Diri
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Aug 2023 02:20
Last Modified: 14 Aug 2023 02:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10838

Actions (login required)

View Item View Item