Penerapan Metode Driil dengan Menggunakan Media Ular Tangga Berbasis Keislaman dalam Pembelajaran Matematika Kelas II MI NU MIFTAHUL HUDA 01

Ruhma, Nadiya (2023) Penerapan Metode Driil dengan Menggunakan Media Ular Tangga Berbasis Keislaman dalam Pembelajaran Matematika Kelas II MI NU MIFTAHUL HUDA 01. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (616kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (952kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (330kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (634kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (384kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas tentang 1) penerapan metode driil dengan menggunakan media ular tangga berbasis dan terintergrasikan nilai keislaman pada pembelajaran Matematika kelas II MI NU MIFTAHUL HUDA 01 Karangmalang, Gebog, Kudus 2) dampak dari penggunaan metode driil dengan menggunakan media ular tangga berbasis dan terintergrasikan nilai keislaman dalam pembelajaran matematika kelas II MI NU MIFTAHUL HUDA 01 Karangmalang, Gebog, Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field Research). Sumber pengambilan data yang digunakan adalah data primer dan data skunder. Subjek penelitian ini adalah guru kelas II dan peserta didik kelas II yang berjumlah 28 peserta didik. Dengan metode pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data, meningkatkan ketekunan, penggunaan bahan referensi dan mengadakan remmember check. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan langkah pengumpulan data, koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah 1) penerapan metode driil dengan menggunakan media ular tangga berbasis dan terintergrasikan nilai keislaman pada pembelajaran Matematika dengan menggunakan beberapa langkah yakni, tahap perencanaan dengan mempersiapkan perangkat penunjang pembelajaran seperti Rencana Proses Pembelajaran (RPP), metode dan media pembelajaran yakni menggunakan metode driil dan meda ular tangga yang telah terintegrasikan dengan nilai keislaman, bahan ajar yang berupa buku Lembar Kegiatan Siswa (LKS), kemudan taap pelaksanaan yaitu melaksanakan pembelajaran yang telah termuat dalam RPP dengan penerapan metode driil dengan menggunakan media ular tangga pada pembelajaran matematika, dan tahap evaluasi pembelajaran dengan menjawab beberapa pertanyaan yang telah di sediakan oleh guru dan reaward ketika menjawabnya. 2) dampak dari penerapan metode drill dengan menggunakan media ular tangga berbasis dan terintergrasikan nilai keislaman pada pembelajaran Matematika adalah a) mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik b) mengembangkan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran 3) meningkatatkan kegahirahan peserta didik dalam belajar d) menumbuhkan motivasi peserta didik dalam belajar e) meningkatkan mutu hasil belajar matematika dan keislaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHanik, Elya UmikUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Driil, Media Ular Tangga, Nilai Keislaman, dan Matematika
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Aug 2023 01:52
Last Modified: 16 Aug 2023 01:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10859

Actions (login required)

View Item View Item