Solekhah, Maulida Muhimmatus (2023) Keefektifan Model Pembelajaran Lasswell Communication Dengan Strategi Reciprocal Teaching Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (181kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (382kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (663kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (492kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (631kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (218kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (286kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya siswa yang kurang mampu mengkomunikasikan idenya saat mencari dan menyelesaikan masalah dalam matematika. Tujuan pada penelitian ini yakni untuk mengetahui model pembelajaran Lasswell Communication dengan strategi Reciprocal Teaching efektif terhadap ketuntasan hasil belajar siswa yang menekankan pada kemampuan komunikasi matematis siswa. Adapun jenis penelitian yang dipakai yakni penelitian eksperimen. Adapun pendekatan kuantitatif merupakan pendekatan yang dipilih. Variabel independen pada penelitian ini adalah model Lasswell Communication dan strategi Reciprocal Teaching serta yang menempati variabel dependennya adalah kemampuan komunikasi matematis. Siswa kelas X di MA Hasyim Asy’ari Bangsri menjadi populasi dalam penelitian ini dengan sampel sebanyak 27 siswa kelas eksperimen dan 24 siswa kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel memanfaatkan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan memanfaatkan metode tes, observasi, dan wawancara. Analisis data yang diterapkan yaitu mempergunakan analisis deskriptif dan inferensial. Data hasil posttest penelitian yang didapatkan tidak berdistribusi normal maka dari itu pengujian hipotesis menggunakan uji non-parametrik, karena hal itu uji hipotesis yang digunakan yakni uji proporsi pihak kanan dan uji Mann Whitney. Hasil analisis deskriptif, memperlihatkan 75,30 menjadi rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen dengan banyak siswa 27 dengan nilai maksimal 98 dan nilai minimal 27. Adapun kelas kontrol memiliki rata-rata 59,17dengan jumlah siswa 24 siswa dan nilai maksimal 100 serta nilai minimal 16. Sedangkan hasil dari analisis data yang didapatkan, memperlihatkan: 1) kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelompok pembelajaran dengan model Lasswell Communication dengan strategi pembelajaran Reciprocal Teaching dapat mencapai ketuntasan klasikal sebesar 75% dari KKM yang telah ditetapkan sebesar 75, dengan hasil zhitung = 1,732 > ztabel = 1,645; 2) kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelompok pembelajaran dengan model Lasswell Communication dengan strategi pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik dibanding dengan kelompok pembelajaran konvensional dengan metode ceramah mendapatkan nilai Sig. sebesar 0,002 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Lasswell Communication, Reciprocal Teaching, Kemampuan Komunikasi Matematis | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 23 Aug 2023 01:56 | ||||||
Last Modified: | 23 Aug 2023 01:56 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10893 |
Actions (login required)
View Item |