Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Realistics Matematic Eduction Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Kudus

Royyanah, Rokhil (2023) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Realistics Matematic Eduction Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (988kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (501kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (287kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (403kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (503kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (461kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (296kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dilakukan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar LKS berbasis Realistic Mathematic Education untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis pada materi Pola Bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan menghasilkan bahan ajar LKS berbasis Realistic Mathematic Education untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis pada materi Pola Bilangan. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Research and Development merupakan metode penelitian yang bertujuan menciptakan suatu produk dan menguji kelayakan produk tersebut Langkah pengembangan penelitian ini mengacu pada model ADDIE. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar LKS berbasis Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi pola bilangan yang mengacu pada model ADDIE yang memiliki 5 tahapan pengembangan. Kelima tahap tersebut adalah tahap analysys, design, development, implementation dan evaluation. Dengan menggunakan model tersebut bahan ajar dinyatakan telah layak digunakan dalam pembelajaran. Kelayakan ini didasarkan pada uji kelayakan ahli materi yang mendapatkan skor 72 dengan presentase kelayakan 80 masuk dalam kategori “Layak”. Uji kelayakan ahli media yang mendapatkan skor 76 dengan presentase kelayakan 69 masuk pada kategori “Layak”. Uji kepraktisan dari pengguna yang mendapatkan skor 901 dengan presentase kelayakan 81,9 masuk dalam kategori ”Sangat Praktis”. Uji pemahaman konsep matematis dari pretest dan postest pengguna yang mendapatkan presentase 87 masuk dalam kategori ”Tinggi”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWahyuni, Fina TriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa, Realistic Mathematic Eduaction, Pola Bilangan, Kemampuan Matematis
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Oct 2023 01:48
Last Modified: 16 Oct 2023 01:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10987

Actions (login required)

View Item View Item