Internalisasi NilaiNilai Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas VIII di MTs Miftahul Huda Bulungkulon Jekulo Kudu

Aditina, Kharisma Artha (2023) Internalisasi NilaiNilai Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas VIII di MTs Miftahul Huda Bulungkulon Jekulo Kudu. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (706kB)
[img] Text
02. Abstrak.pdf

Download (251kB)
[img] Text
03. Daftar isi.pdf

Download (266kB)
[img] Text
04. Bab 1.pdf

Download (374kB)
[img] Text
05. Bab 2.pdf

Download (480kB)
[img] Text
06. Bab 3.pdf

Download (258kB)
[img] Text
07. Bab 4.pdf

Download (377kB)
[img] Text
08. Bab 5.pdf

Download (221kB)
[img] Text
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (334kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Meindeiskripsikan proseis inteirnalisasi karakteir disiplin dan tanggung jawab dalam peimbeilajaran IPS 2) Meindeiskripsikan faktor peinghambat dan peindorong 3) Meindeiskripsikan upaya untuk meingatasi hambatan dalam inteirnalisasi karakteir disiplin dan tanggung jawab dalam peimbeilajaran IPS pada keilas VIII di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jeikulo Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, yaitu peneliti datang langsung ke lokasi penelitian di MTs Miftahul Huda Bulungkulon Jekulo Kudus, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu Kepala sekolah, guru IPS, dan peserta didik kelas VIII di MTs Miftahul Huda Bulungkulon Jekulo Kudus. Dari informan yang terkait dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan uji kredibilitas melalui triangulasi. Selanjutnya data di analisis dengan memilih dan merangkum data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan agar penelitian menjadi sempurna. Hasil penelitian ini adalah guru menginternalisasikan nilai-nilai karakter disiplin dan tanggung jawab dalam pembelajaran IPS dan proses internalisasi dilakukan di dalam kelas seperti pemberlakuan point nilai dari guru untuk peserta didik yang aktif, faktor pendukung dan penghambat internalisasi ada 2 yaitu faktor internal sekolah yaitu peraturan sekolah, guru dan budaya sekolah sedangkan faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga dan teman sebaya, upaya dalam mengatasi faktor penghambat perlunya peindeikatan dan komunikasi guru deingan peserta didik dan orang tua untuk penerapaan nilai-nilai karakter agar dapat berjalan dengan baik. Saran peneliti dalam penelitian ini, MTs Miftahul Huda Bulungkulon untuk meingeimbangkan leibih lanjut teintang nilai-nilai karakteir keipada seiluruh warga seikolah yaitu guru, staf dan karyawan seikolah, hingga yang teirpeinting adalah peiseirta didik, mengembangkan keterampilan yang dimiliki oleh guru agar menjadi keteladanan untuk ditiru oleh peserta didik baik dalam pembelajaran, tingkah laku, sikap disiplin dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGhufron, M. NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Disiplin Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Oct 2023 02:28
Last Modified: 17 Oct 2023 02:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10997

Actions (login required)

View Item View Item