Kreativitas Guru MI Dalam Menyusun Materi Pembelajaran Matematika Pada Situasi Pandemi Covid-19 (Studi Kasus : Di MI Manbaul Ulum 02 Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022)

Annas, Ady Khoirul (2023) Kreativitas Guru MI Dalam Menyusun Materi Pembelajaran Matematika Pada Situasi Pandemi Covid-19 (Studi Kasus : Di MI Manbaul Ulum 02 Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (468kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (356kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (551kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (297kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (812kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (476kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (581kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pembelajaran Matematika di MI Manbaul Ulum 02 Raguklampitan Batealit Jepara pada situasi pandemi Covid-19, 2) Bentuk-bentuk kreativitas guru dalam menyusun materi pemebelajaran Matematika di MI Manbaul Ulum 02 Raguklampitan Batealit Jepara, 3) Faktor pendukung dan penghambat guru dalam melaksanakan pembelajaran Matematika di MI Manbaul Ulum 02 Raguklampitan Batealit Jepara. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kulitatif dengan menggunakan paradigma naturalistik. Lokasi penelitian di MI Manbaul Ulum 02 sebagai sumber data untuk mendapatkan potret Kreativitas Guru MI Dalam Menyusun Materi Pembelajaran Matematika Pada Situasi Pandemi Covid-19. Data tersebut diperoleh dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran Matematika di MI Manbaul Ulum 02 Raguklampitan Batealit Jepara pada situasi pandemi Covid-19 dilaksanakan dengan dua cara yaitu dilaksanakan dengan cara luring dan daring. Pembelajaran matematika secara luring atau tatap muka dilaksanakan dengan cara guru menjelasankan materi pembelajaran di depan kelas dengan metode ceramah, hafalan, membaca materi, diskusi kelas dan juga pemberian soal-soal latihan. Membagi kelas menjadi dua rombel untuk pembatasan murid. Pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring atau online dilakukan dengan memanfaatkan media sosial seperti WhatsApp. (2) Bentuk-bentuk Kreativitas guru dalam menyusun materi pembelajaran matematika pada situasi Pandemi Covid-19 dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi sebagai media belajar dan menerapkan berbagai macam metode yang efektif dan efisien, mengunakan beberapa metode sekaligus dalam satu pembelajaran sehinga proses kegiatan pembelajaran matematika bisa berjalan baik dan tidak monoton, pemanfaatan aplikasi WhatsApp. dan youtube secara maksimal sebagai penunjang kelancaran pembelajaran, misalnya pemberian materi pembelajaran matematika secara online via WhatsApp, membuat konten-konten kreatif dan memanfatkan vidio pembelajaran matematika dari Youtube. (3) Faktor pendukung pembelajaran matematika pada situasi Pandemi Covid-19 di MI Manbaul Ulum 02 Raguklampitan Batealit Jepara diantaranya adalah sebagian besar wali murid sudah memiliki alat untuk komunikasi, seperti handphone android, jaringan internet yang relatif stabil, orang tua yang mendukung, dan lingkungan sekitar yang kondusif. Sedangkan faktor penghambatnya adalah tidak semua siswa dibekali oleh orang tuanya untuk memegang handphone secara mandiri, sehingga pengiriman tugas seringkali melewati batas waktu, kesibukan orang tua dalam bekerja, keterbatasan wawasan orang tua terhadap materi pembelajaran matematika, pengawasan yang diberikan dirumah tidak dapat secara maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUlya, UlyaUNSPECIFIED
Thesis advisorAkbar, Rofiq FaudyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Materi Pembelajran Matematika MI, Pandemi Covid-19
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:02
Last Modified: 17 Oct 2023 03:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11003

Actions (login required)

View Item View Item