Efektivitas Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia di SMA NU Al Ma’ruf Kudus

Sholihah, Wahyu Nur (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia di SMA NU Al Ma’ruf Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (391kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (383kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (634kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (678kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (850kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (516kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (480kB)

Abstract

Pemahaman konsep merupakan salah satu hal penting dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Picture and Picture untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi sistem gerak pada manusia. (2) untuk mengetahui pemahaman konsep siswa pada materi sistem gerak manusia setelah diterapkan model pembelajaran picture and picture (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Picture and Picture untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi sistem gerak pada manusia. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan menggunakan desain penelitian pretest-posttest control grup design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 4 yang berjumlah 34 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 yang berjumlah 32 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji Independent Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran Picture and Picture terlaksana dan berjalan lancar sesuai sintaks model pembelajaran Picture and Picture dengan perolehan presentase 83,33% yang berada pada kategori sangat baik. (2) Pemahaman konsep awal siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran picture and picture pada materi sistem gerak manusia yaitu sebesar 64,46. Dan setelah diberi perlakuan mengalami peningkatan menjadi 72,26 (3) model pembelajaran Picture and Picture tidak berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi sistem gerak pada manusia. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,515 > 0,05 yang artinya H0 diterima dan H1 ditolak. Simpulan model pembelajaran Picture and Picture pada penelitian ini tidak dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal itu terjadi karena siswa kurang terbiasa menggunakan gambar sebagai media utama dalam pembelajaran, sebagian siswa masih kurang berpartisipasi. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pelajaran bahwa model pembelajaran modern belum tentu memberikan hal yang positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFikri, Achmad AliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Picture and Picture, Pemahaman Konsep, Sistem Gerak Manusia
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Oct 2023 04:27
Last Modified: 19 Oct 2023 04:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11032

Actions (login required)

View Item View Item