Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Media Pembelajaran Lectora Inspire Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA 1 Bae Kudus

Su’udah, Cici’ Azimatus (2019) Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Media Pembelajaran Lectora Inspire Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA 1 Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER 2.pdf

Download (27MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana motivasi belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media pembelajaran Lectora Inspire kelas eksperimen dan model pembelajaran ceramah kelas kontrol pada mata pelajaran PAI di SMA 1 Bae Kudus. (2) Apakah motivasi belajar siswa yang diberikan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media pembelajaran Lectora Inspire lebih baik dibanding dengan motivasi belajar siswa yang diberikan model pembelajaran tradisional atau ceramah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Desain penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Design). Penelitian ini dilakukan di SMA 1 Bae Kudus yakni pada kelas XI. Peneliti menggunakan teknik cluster random dan yang menjadi sampel dari penelitian ini adalah siswa SMA 1 Bae Kudus kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Motivasi belajar siswa pada pre test antara kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan diperoleh rata-rata sebesar 91,17 sedangkan kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 91,03. Kemudian pada post test setelah diberikannya perlakuan yang berbeda antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media pembelajaran Lectora Inspire diperoleh rata-rata sebesar 96,56 dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran seperti biasa atau ceramah sebesar 92,06. Sehingga rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. (2) Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji independent sample t test diketahui bahwa t hitung > t tabel (3,569>2,032). Dan nilai sig < 0,05 yaitu 0,001< 0,05. Karena t hitung > t tabel (3,569>2,032). maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa motivasi belajar kelas eksperimen atau kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media pembelajaran Lectora Inspire lebih baik dari motivasi belajar kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ceramah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNadhirin, NadhirinUNSPECIFIED
Thesis advisorLestari, MulyaningrumUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Media Pembelajaran Lectora Inspire, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 01:50
Last Modified: 21 Oct 2023 01:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11044

Actions (login required)

View Item View Item