Manajemen Pembelajaran Berbasis Social Emotional Skills dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Tahun Ajaran 2022-2023 (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nahdlatul Ulama (NU) Banat Kudus)

Ghofur, Abdul (2023) Manajemen Pembelajaran Berbasis Social Emotional Skills dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Tahun Ajaran 2022-2023 (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nahdlatul Ulama (NU) Banat Kudus). Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (575kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (391kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (339kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (998kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (320kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang manajemen pembelajaran berbasis social emotional skills (SES) dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di MI NU Banat Kudus. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif. Dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan konsep manajemen pembelajaran berbasis SES di MI NU Banat Kudus, pelaksanaan pembelajaran berbasis SES dalam mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V tahun ajaran 2022-2023 di MI NU Banat Kudus, dan faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan tersebut. Subjek penelitiannya yaitu kepala madrasah, koordinator bidang kurikulum, guru mapel, guru kelas V dan beberapa siswa kelas V. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk keabsahan datanya, teknik yang digunakan antara lain: credibility, transfermability, dependability,confirmability. Dari analisis data yang dilakukan, diperoleh beberapa hasil sebagai berikut: 1) Konsep manajemen pembelajaran berbasis SES di MI NU Banat Kudus berupa beberapa tahapan antara lain: perencanaan, pengorganisasian, pengaktualisasian, pengontrolan, dan monitoring dan evaluasi. 2) pelaksanaan pembelajaran berbasis SES dalam mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V di MI NU Banat Kudus menggunakan praktik lesson study dibagi dalam empat tahap antara lain: a) perencanaan pembelajaran, b) pelaksanaan pembelajaran, c) observasi, d) refleksi dengan pengayaan pada tahapan-tahapannnya. 3) faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis SES dalam mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V di MI NU Banat Kudus antara lain: a) SDM pendidik yang ada, sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan madrasah, memiliki kualifikasi yang sesuai dengan bidang dan keahlian, dan mayoritas pendidik berada di usia produktif, b) kondisi peserta didik yang mendukung, c) kemampuan, tanggung jawab, keterampilan, kepiawaian guru mapel dalam menguasai kelas, d) sarana dan prasarana madrasah seperti LCD proyektor, alat peraga bahasa, kotak emosi, pojok tenang. Adapun faktor penghambatnya antara lain: belum maksimalnya manajemen waktu oleh guru mapel dan belum maksimalnya penguasaan guru terhadap pedoman lingkungan bahasa ketika awal-awal penerapan lingkungan bahasa dan latar belakang siswa yang sering menggunakan bahasa Indonesia di rumah ketika di kelas ia agak asing menggunakan bahasa Jawa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMu'min, Ma'munUNSPECIFIED
Thesis advisorMubarok, HusniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, SES, Akidah Akhlak
Subjects: Aqaid dan Ilmu Kalam > Aqidah menurut aliran-aliran atau sekte-sekte dalam Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 02:49
Last Modified: 21 Oct 2023 02:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11057

Actions (login required)

View Item View Item