Implementasi pembelajaran Nilai-Nilai Agama dan Moral menggunakan Pendekatan Multiple Intelligences Di Tk Pertiwi Gulang Mejobo Kudus

Yuniana, Imaroh (2023) Implementasi pembelajaran Nilai-Nilai Agama dan Moral menggunakan Pendekatan Multiple Intelligences Di Tk Pertiwi Gulang Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (862kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (367kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (457kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (238kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (428kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (256kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang; (1) Bagamana Implementasi Pembelajaran Nilai Agama dan Moral menggunakan Pendekatan Multiple Intelligences pada Anak Usia Dini di Tk Pertiwi Gulang (2) Apa Saja Faktor Pendukung, Penghambat danimplementasi Pembelajaran Nilai Agama dan Moralmenggunakan Pendekatan Multiple Intelligences pada Anak Usia Dini di Tk Pertiwi Gulang Beserta Solusi Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif pendekatan kualitatif, pengambilan data dilakukan dengan mengumpulkan fakta apa yang terjadi di lapangan dan peneliti mengamati, memahami dan belajar dengan mencatat dan mengajukan pertanyaan untuk menggali sumber informasi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian data dianalisis melalui reduksi data, Menyajikan informasi dan menarik kesimpulan. Objek validasi data Menggunakan ekstensi trigonometri dengan tiga jenis segitiga yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknis dan triangulasi waktu. Penelitian menunjukkan bahwa; Implementasi pembelajaran nilai-nilai agama dan moral menggunakan pendekatan multiple intelligence pada anak usia dini di TK Pertiwi Gulang paling tidak langkah awal yang harus diketahui guru adalah tipe kecerdasan siswa, setelah mengetahui kecenderungan tipe tersebut, guru menyesuaikan media dan metode pembelajaran yang digunakan. Adaptasi juga diperlukan guru dalam pengembangan nilai-nilai agama dan moral, seperti: Sholat, Pengenalan Huruf Hijaiyah, Kisah Sejarah, Iman, Adab dalam Kehidupan sehari-hari (senyum, salam, salam, makan dan minum, keluar masuk kamar mandi, memaafkan, membantu sesama, mandiri dan lain-lain). Sehingga siswa belajar dengan cara yang menyenangkan sesuai dengan kecerdasan dan kemampuannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsnawati, ZakiyahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Nilai-Nilai Agama dan Moral, Multiple Intelligences pada Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 03:27
Last Modified: 21 Oct 2023 03:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11076

Actions (login required)

View Item View Item