Analisis Buku Teks Siswa Kurikulum 2013 Kelas Viii Mata Pelajaran Matematika Ditinjau Dari Pendekatan Saintifik Dan Penilaian Autentik

Kusumawati, Nela Dwi (2023) Analisis Buku Teks Siswa Kurikulum 2013 Kelas Viii Mata Pelajaran Matematika Ditinjau Dari Pendekatan Saintifik Dan Penilaian Autentik. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (437kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (470kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (327kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (563kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (200kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis buku teks siswa kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 kelas VIII mata pelajaran matematika semester genap ditinjau dari pendekatan saintifik; 2) untuk menganalisis buku teks siswa kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 kelas VIII mata pelajaran matematika semester genap ditinjau dari penilaian autentik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan angket, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan akhirnya dari data yang telah disusun tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, kecukupan referensial, uraian rinci, dan audit kebergantungan serta kepastian. Peneliti tertarik melakukan penelitian ini karena dampak penggunaan buku teks siswa sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Untuk itu, kajian terhadap kesesuaian buku teks siswa terhadap pendekatan saintifik dan penilaian autentik dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) buku teks siswa kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 kelas VIII mata pelajaran matematika sudah disajikan sesuai dengan pendekatan saintifik yang meliputi aspek mengamati, menanya, mencoba, mengolah data, dan mengkomunikasikan. (2) buku teks siswa kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 kelas VIII mata pelajaran matematika sudah disajikan sesuai dengan penilaian autentik yang meliputi penilaian untuk ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHaqiqi, Arghob KhofyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis Buku; Kurikulum 2013; Pendekatan Saintifik; Penilaian Autentik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Matematika
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 03:45
Last Modified: 21 Oct 2023 03:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11087

Actions (login required)

View Item View Item