Implementasi Metode Drill Dalam Meningkatkan Keterampilan Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Pada Tingkat KBPD Di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra Pendowo Kudus

Arifin, Muhammad (2023) Implementasi Metode Drill Dalam Meningkatkan Keterampilan Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Pada Tingkat KBPD Di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra Pendowo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (853kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (436kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (387kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (376kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (763kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (438kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (720kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (425kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran baca tulis Al-Qur’an menjadi pembelajaran mutlak yang harus diajarkan kepada seluruh peserta didik, mengingat Al-Qur’an merupakan Kalamullah yang berfungsi sebagai pedoman hidup. Belajar dan mengajarkan AlQur’an menjadi sebuah ibadah yang sifatnya wajib bagi seluruh umat muslim, termasuk juga bagi penyandang disabilitas netra. Pembelajaran baca tulis Al-Qur’an bagi penyandang disabilitas netra memiliki tingkat kerumitan tersendiri terkait dengan media utama yang digunakan dalam pembelajaran berupa Al-Qur’an Braille, sehingga tidak mengherankan jika banyak dari kalangan anak disabilitas netra yang masih belum bisa membaca Al-Qur’an. Penelitian ini termasuk field research atau penelitian lapangan yang bertujuan : 1) Untuk mengetahui pelaksanaan implementasi metode drill dalam meningkatkan keterampilan baca tulis Al-Qur’an untuk anak berkebutuhan khusus pada tingkat KBPD di panti pelayanan sosial disabilitas sensorik netra pendowo Kudus, 2) Untuk mengetahui Faktor pendukung dan penghambat serta solusi dalam pelaksanaan implementasi metode drill dalam meningktkan keterampilan baca tulis Al-Qur’an untuk anak berkebutuhan khusus pada tingkat KBPD di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra Pendowo Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala panti, guru pengampu mata pelajaran, dan siswa kelas VIII. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: 1) pelaksanaan implementasi metode drill dalam meningkatkan keterampilan baca tulis Al-Qur’an untuk anak berkebutuhan khusus pada tingkat KBPD di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra Pendowo Kudus dilaksanakan dengan beberapa tahapan yaitu kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam tahap perencanaan, guru selalu menyiapkan materi dan mengecek keadaan atau ketertiban siswa terlebih dahulu. Hal ini di maksudkan agar dalam mengikuti pembelajaran siswa sudah dalam keadaan tertib sesuai dengan aturan panti. Dalam tahap pelaksanaan, guru menyampaikan materi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an seringkali memberikan intruksi-intruksi, sepeti menghafal abjad hijaiyyah. Maka dari itu guru selalu menekankan menghafal abjad terlebih dahulu. Jika sudah hafal abjad hijaiyyah akan dialihkan ke bab selanjutnya. Dan yang terakhir yaitu tahap evaluasi, dalam tahap ini guru memberikan sebuah pertanyaan kepada siswa guna untuk menjadi tolak ukur keberhasilan dalam belajar mereka. 2) Faktor pendukung dan penghambat serta solusi dalam pelaksanaan implementasi metode drill dalam meningkatkan keterampilan baca tulis Al-Qur’an untuk anak berkebutuhan khusus pada tingkat KBPD di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra Pendowo Kudus yaitu yang pertama, siswa memiliki keinginan untuk belajar. Siswa yang memiliki kenginan untuk belajar akan lebih mudah memahami materi. Dan yang kedua kondisi kelas yang nyaman, karena kondisi kelas yang nyaman dapat memberikan dampak yang positif bagi siswa maupun guru. Faktor penghambat yang pertama adalah kemampuan siswa, ada siswa yang memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengingat materi namun ada juga yang memerlukan waktu yang lebih lama untuk memahami sebuah materi. Untuk itu solusi pelaksanaan metode drill dalam meningkatkan keterampilan baca tulis Al-Qur’an untuk anak berkebutuhan khusus pada tingkat KBPD di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra Pendowo Kudus siswa dibekali dengan pengetahuan yang secukupnya, kemudian tetap dibimbing oleh guru untuk mencapai keberhasilan dan tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSophya, Ida VeraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode drill, Baca Tulis Al-Qur’an, Anak Berkebutuhan Khusus.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 04:16
Last Modified: 21 Oct 2023 04:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11104

Actions (login required)

View Item View Item