Pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 10 Semarang

Aini, Qurrotu (2023) Pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 10 Semarang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (683kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (308kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (407kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (484kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (405kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (234kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (370kB)

Abstract

Perkembangan internet memberikan kontribusi layanan sumber belajar bagi pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah: pertama, untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 10 Semarang. Kedua, untuk mengetahui hasil pemanfaatan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 10 Semarang. Penelitian ini dilatar belakangi karena penerapan pemanfaatan internet yang belum sepenuhnya diterapkan oleh setiap pendidik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian kuantitaif yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Desaian penelitian eksperimen yang digunakan adalah True-Eksperimental Designs. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purpusive sampling, terdapat 62 peserta didik yang terdiri dari dua kelompok eksperimen dan kontrol, kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan tes. Metode analisis data dan pengujian hipotesis yang digunakan adalah paired sample t test dengan bantuan program IBM SPSS 24.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai antara pembelajaran yang memanfaatakan internet sebagai sumber belajar pada kelas eksperimen memperoleh angka sebesar 80.65 sedangkan pada kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan memperoleh angka sebesar 70.48 hal ini berpengaruh karena nilai kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol. Dan dari hasil uji hipotesis dimana nilai thitung 10,884 > ttabel 2,228 yang dibuktikan dengan taraf 0,05, sebagaimana dasar pengambilan keputasan dalam uji paired sampel t test. Dengan demikian bahwa ho ditolak dan ha diterima, hal ini berarti terdapat pengaruh yang siginifikan pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 10 Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMundakir, AkhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Internet sebagai sumber belajar, Hasil belajar.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 04:17
Last Modified: 21 Oct 2023 04:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11110

Actions (login required)

View Item View Item