Analisis Nilai Moral Islam Pada Buku Teks Bahasa Inggris Berjudul Pathway to English Kelas X SMA

Febriani, Agita Duwi (2023) Analisis Nilai Moral Islam Pada Buku Teks Bahasa Inggris Berjudul Pathway to English Kelas X SMA. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (231kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (375kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (303kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jenis-jenis nilai moral islam, mendeskripsikan sikap yang nencerminkan nilai-nilai moral Islam dalam buku teks bahasa Inggris berjudul Pathway to English for the tenth grade, dan kontribusi nilai moral islam dalam mengajar bahasa inggris. Penelitian ini termasuk dalam pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan analisis isi sebagai bentuk penelitian kepustakaan. Objek penelitian ini adalah buku teks bahasa inggris yang digunakan dalam proses belajar-mengajar di kelas sepuluh. Untuk menjawab rumusan masalah peneliti ini melakukan beberapa tekhnik dalam pengumpulan data. Data validitas yang digunakan untuk menecek kredibilitas adalah perpanjangan pengamatan. Tekhnik analisis data yang digunakan peneliti adalah data reduksi, data tampilan, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam buku teks Pathway to English, ditemukan 19 jenis nilai moral Islam dari 28 jenis nilai moral dan 38 sikap yang mencerminkan nilai moral tersebut. Nilai-nilai moral Islam tertinggi yang ditemukan adalah mengikuti dan menaati nabi dengan persentase 13,2% dari total buku teks, kemudian diikuti dengan berbuat baik dan bersikap baik terhadap alam dengan persentase yang sama 10,5%. Saling percaya, saling membantu, dan menghormati dengan persentase total 7,9%. Sabar, bersyukur, jujur, pemalu, menjaga keturunan dengan persentase total 5,3% dan terendah dengan persentase 2,6% yaitu beribadah hanya kepada Allah, bertaubat, menepati janji, menjaga kesucian diri, berbakti kepada orang tua, dan silaturahim. Persentase nilai moral islami dalam buku ajar bahasa inggris berjudul Pathway to English menunjukkan hampir semua nilai akhlak islami telah diimplementasikan dalam buku ajar tersebut dan layak digunakan dalam proses belajar mengajar. Kontribusi nilai moral islam pada pengajaran bahasa inggris adalah bahwa mempelajari bahasa tidak lepas dari budaya penutur aslinya termasuk bahasa inggris yang dianggap sebagai bahasa asing yang didalamnya terdapat berbagai macam budayanya. Maka dari itu, sebagai seorang pengajar jika menemukan perbedaan budaya atau penyimpangan budaya didalam materi bahasa inggris untuk menjelaskan nilainilai moral didalamnya, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman siswa tentang perbedaan budaya dan siswa dapat menangkap nilia-nilai positifnya. Dengan hasil penelitian pengembangan buku teks diharapkan kedepannya lebih memperhatikan nilai-nilai moral yang sesuai dengan standar kompetensi dan perkembangan siswa saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSetyaningrum, AnisahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Buku Teks, Nilai Akhlak Islami, SMA
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 04:27
Last Modified: 21 Oct 2023 04:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11117

Actions (login required)

View Item View Item