Hasna, Adiba Nur (2017) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK DAN PENDEKATAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 BANGSRI JEPARA TAHUN AJARAN 2016/20117. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (861kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (944kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh pendekatan konstruktivistik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP N 2 Bangsri Jepara. Tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui ada pengaruh penerapan direct instruction terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP N 2 Bangsri Jepara. Tujuan yang ketiga adalah untuk mengetahui ada pengaruh penerapan pendekatan konstruktivistik dan pendekatan direct instruction terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP N 2 Bangsri Jepara. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini peneliti melakukan studi lapangan di SMP Negeri 2 Bangsri Jepara yakni pada kelas VII. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari semua peserta didik kelas VII sejumlah 255 peserta didik, kemudian diambil sampel sebesar 64 peserta didik dengan menggunakan teknik random sampling. Dalam analisis ini penulis menggunakan uji asumsi klasik dan analisis statistik uji hipotesis yaitu regresi dan korelasi, baik sederhana, ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan pendekatan konstruktivistik memiliki pengaruh terhadap hasil belajar hal ini terbukti berdasarkan hasil yang diperoleh dari uji hipotesis rhitung diperoleh sebesar 0.830 lebih besar dari rtabel pada taraf kesalahan 1% = 0.317 maupun pada taraf kesalahan 5% = 0.244; 2) penerapan pendekatan direct instruction memiliki pengaruh terhadap hasil belajar hal ini terbukti berdasarkan hasil yang diperoleh dari uji hipotesis rhitung diperoleh sebesar 0.830 lebih besar dari rtabel pada taraf kesalahan 1% = 0.317 maupun pada taraf kesalahan 5%; 3) penerapan pendekatan konstruktivistik dan pendekatan direct instruction memiliki pengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI. Dari hasil uji hipotetis, diperoleh rhitung diperoleh sebesar 0.830 lebih besar dari rtabel pada taraf kesalahan 1% = 0.317 maupun pada taraf kesalahan 5% = 0.244. Ini berarti ada pengaruh yang positif antara pendekatan konstruktivistik dan pendekatan direct instruction dengan hasil belajar pada mata pelajaran PAI di SMP N 2 Bangsri Jepara tahun ajaran 2016/20117. Besarnya koefisien determinasi (R) sebesar 0.689 atau 68.9 %. Hal ini berarti terdapat pengaruh antara penerapan pendekatan konstruktivistik dan pendekatan direct instruction dengan hasil belajar sebesar 68.9 %. Sedang sisanya 100% - 68.9 % = 31.1% merupakan variabel lain diluar penelitian. Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk mengkaji topik yang berkaitan dengan topik ini, untuk lebih memperdalam kajian dan menjadikan penelitian ini menjadi informasi dan data awal penelitian sebagai bahan acuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Konstruktivistik; Pendekatan Direct Instruction; Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 30 May 2017 08:19 |
Last Modified: | 30 May 2017 08:19 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1112 |
Actions (login required)
View Item |