Studi Korelasi Pembelajaran Tahfiẓul Qur’an dan Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Ḥadiṡ Kelas Tahfiẓ di MTs Negeri 2 Kudus

Fatkhiyati, Naily (2023) Studi Korelasi Pembelajaran Tahfiẓul Qur’an dan Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Ḥadiṡ Kelas Tahfiẓ di MTs Negeri 2 Kudus. Masters thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover s.d Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (564kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (744kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (576kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (655kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (176kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan 1) untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran Tahfiẓul Qur’an dan hasil belajar Al-Qur’an Ḥadiṡ kelas tahfiẓ di MTs Negeri 2 Kudus, 2) untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dan hasil belajar Al-Qur’an Ḥadiṡ kelas tahfiẓ di MTs Negeri 2 Kudus, 3) untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran Tahfiẓul Qur’an dan perhatian orang tua dengan hasil belajar Al-Qur’an Ḥadiṡ kelas tahfiẓ di MTs Negeri 2 Kudus. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian studi korelasi. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian populasi dengan subyek seluruh siswa kelas tahfiẓ MTs Negeri 2 Kudus yang berjumlah 79 siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, dokumentasi, wawancara dengan guru mata pelajaran Tahfiẓul Qur’an, dan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi Pearson, uji korelasi ganda, dan uji signifikansi nilai F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pembelajaran Tahfiẓul Qur’an dan hasil belajar Al-Qur’an Ḥadiṡ dengan nilai korelasi (r hitung) sebesar 0,719 yang artinya lebih besar dari r tabel (0.2185). 2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan hasil belajar Al-Qur’an Ḥadiṡ dengan nilai korelasi (r hitung) sebesar 0,340 yang artinya lebih besar dari r tabel (0.2185).3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pembelajaran Tahfiẓul Qur’an dan perhatian orang tua dengan hasil belajar Al-Qur’an Ḥadiṡ dengan nilai korelasi (r hitung) sebesar 0,723 dan nilai F hitung > F Tabel (41,573>3,12).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMufid, FathulUNSPECIFIED
Thesis advisorSumadi, EkoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tahfizul Qur’an, Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 04:42
Last Modified: 21 Oct 2023 04:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11130

Actions (login required)

View Item View Item