Analisis Strategi Mempertahankan Eksistensi Usaha Ditengah Era Modernisasi dan Perubahan Gaya Hidup (Studi Kasus 3 Pengrajin Dandang di Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara)

Kadafi, Muhammad Rezal Amer (2023) Analisis Strategi Mempertahankan Eksistensi Usaha Ditengah Era Modernisasi dan Perubahan Gaya Hidup (Studi Kasus 3 Pengrajin Dandang di Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (227kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan dandang yang dilakukan para pengrajin dandang di Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. Untuk mengetahui strategi pengrajin dandang untuk mempertahankan eksistensi di era modernisasi dan perubahan gaya hidup di Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. Untuk mengetahui teknik penjualan yang profitable untuk digunakan pelaku pengrajin dandang di Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. Serta untuk mengetahui kendala dan solusi yang dialami pengrajin dandang di Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembuatannya, para pengrajin dandang di Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara masih menggunakan alat-alat tradisional. Strategi yang dilakukan pengrajin dandang di Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara untuk mempertahankan eksistensi usahanya yakni dengan cara memprioritaskan kualitas serta memprioritaskan pelayanan terhadap pelanggan. Teknik penjualan yang diterapkan para pengrajin dandang di Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara yakni mulut ke mulut (mouth to mouth), maupun titip jual (consigment). Serta kendala yang dialami para pengrajin dandang di Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara yakni dari aspek sumber daya manusia, aspek pemasaran, serta persaingan dengan produk-produk pabrikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAbdullah, JunaidiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Mempertahankan Usaha, Penjualan
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis
Bisnis

600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 05:09
Last Modified: 21 Oct 2023 05:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11148

Actions (login required)

View Item View Item