Mengembangkan Kreativitas Seni Anak Melalui Aktivitas Menggambar Di TK B Miftakhul Arifin Tengguli Bangsri Jepara

Masruroh, Alfi (2023) Mengembangkan Kreativitas Seni Anak Melalui Aktivitas Menggambar Di TK B Miftakhul Arifin Tengguli Bangsri Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (254kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (228kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (379kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (535kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (287kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (551kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (301kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang: (1) Penerapan pengembangan kreativitas seni anak melalui aktivitas menggambar di TK B Miftakhul Arifin Tengguli Bangsri Jepara. (2) faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan kreativitas seni anak melalui aktivitas menggambar di TK B Miftakhul Arifin Tengguli Bangsri Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dilakukan untuk menggali data terkait fakta-fakta yang terjadi di lapangan dan peneliti sebagai instrumen kuncinya untuk mengamati, memahami, serta mempelajari sesuatu dengan cara mencatat serta bertanya untuk menggali sumber informasi. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Objek keabsahan data menggunakan perpanjangan triangulasi dengan tiga macam triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan pengembangan kreativitas seni anak melalui aktivitas menggambar di TK B Miftakhul Arifin Tengguli sudah mulai mampu mengembangkan kreativitas anak dengan anak diajak keliling lingkungan sekitar dengan melihat sesuatu yang sesuai dengan tema lalu anak mampu mencerrna dan menyimpan di memori otak serta menuangkan ide yang ada dipikiran anak. Pembelajaran ini melalui 4 tahapan yaitu kegiatan pembukaan, kegiatan inti, istirahat, dan kegiatan penutup. Evaluasi pembelajaran melalui observasi, portofolio, catatan hasil karya, catatan anekdot, dan ceklis perkembangan anak. (2) faktor pendukungnya adalah media pembelajaran sudah siap, ragam main pembelajaran sudah siap, kehadiran anak, serta kesiapan guru dalam mengajar, sedangkan faktor penghambat dalam pengembangan kreativitas seni anak melalui aktivitas menggambar meliputi guru kurang berinovasi, guru kurang dalam memberi kebebasan kreativitas, kurangnya persiapan guru dalam menyiapkan bahan main, dan absensi kehadiran anak menjadi penghambat dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsnawati, ZakiyahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kreativitas seni , Aktivitas Menggambar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 07:17
Last Modified: 21 Oct 2023 07:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11161

Actions (login required)

View Item View Item