Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Self Management dalam mengurangi Internet Addiction pada Remaja di Desa Sumber Kec. Sumber Kab. Rembang

Shofa, Wafiqotun Nailis (2023) Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Self Management dalam mengurangi Internet Addiction pada Remaja di Desa Sumber Kec. Sumber Kab. Rembang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (373kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (632kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (626kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (503kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (881kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (451kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang keadaan remaja internet addiction sebelum dan sesudah mengikuti treatment konseling kelompok dengan teknik self management pada Remaja serta untuk mengetahui pelaksanaan treatment konseling kelompok dengan teknik self manajement yang dilakukan untuk mengurangi Internet Addiction pada remaja Desa Sumber Kec.Sumber Kab.Rembang. Jenis penelitian ini merupakan kategori kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-ekperimen dengan rancangan one group pretest-posttests. Pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Purposive sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, dan pengumpulan informasi yang memenuhi kriteria sesuai yang di kehendaki. Instrument penelitian menggunakan angket. Kemudian teknik analisis data yang di gunakan adalah Uji-T berpasangan (paired sampel T-test) dengan bantuan SPSS versi 23.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, terdapat perbedaan yang signifikan dari Internet Addiction pada remaja sebelum dan sesudah di berikan perlakuan (treatment) melalui kegiatan bimbingan kelompok yang dapat di lihat dari perbedaan nilai rata-rata pretest dengan rata-rata 124,3056 dan posttest 112,4306. Kedua, Pelaksanaan bimbingan kelompok di nilai efektif dalam menurunkan Internet Addiction pada remaja di Desa Sumber yang dapat di lihat dari selisih nilai rata-rata sebesar 11,875. Ketiga, terdapat nilai tertinggi dan terendah interval hasil test pretest dan posttest sebelum dan sesudah di berikan perlakuan dengan kategori sangat tinggi dengan rentang skor 140-150 dan tinggi 130-139. Setelah di berikan treatment mengalami penurunan kategori sedang dengan rentang skor 120-129 dan rendah dengan rentang skor 110-119. Untuk hasil uji hipotesis juga di peroleh nilai probabilitas 0,000<0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya kegiatan bimbingan kelompok di nilai efektif dalam menurunkan tingkat Internet Addiction pada remaja di Desa Sumber Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSaliyo, SaliyoUNSPECIFIED
Thesis advisorKhafidhoh, InayatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Internet Addiction, Konseling Kelompok, Self Manajement
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi
100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 07:46
Last Modified: 21 Oct 2023 07:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11165

Actions (login required)

View Item View Item