Implementasi Hybrid Learning dalam Meningkatkan Literasi Digital Guru PAI di SMA N 2 Bae Kudus

Fitriyani, Ita (2023) Implementasi Hybrid Learning dalam Meningkatkan Literasi Digital Guru PAI di SMA N 2 Bae Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (784kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (374kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (262kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (604kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (640kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (448kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (228kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (331kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai implementasi hybrid learning dalam meningkatkan literasi digital guru PAI di SMA N 2 Bae. Penelitian ini berupaya menjawab beberapa permasalahan yaitu: mendeskripsikan Implementasi hybrid learning di SMA N 2 Bae, mengetahui literasi digital guru PAI di SMA N 2 Bae, mengetahui adaptasi teknologi guru PAI di SMA N 2 Bae, dam mengetahui kreativitas mengajar guru PAI di SMA N 2 Bae. Jenis penelitian yang digunakan ini berjenis penelitian lapangan (field Research), menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan kepala sekolah, guru PAI, dan siswa SMA 2 Bae Kudus. Observasi di SMA 2 Bae Kudus dan dokumentasi. Semua data di analisis dengan mengunakan metode analisis pertama: deskriptif kualitatif yaitu: reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion Drawing and verification. Kedua menggunakan softwere QDA Miner Lite. Aplikasi ini mendeteksi setiap kata, frasa, atau kalimat yang diberikan kode yang disesuiakan dengan topik yang dibahas pada tema penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, mengenai implementasi hybrid learning di SMA N 2 Bae bahwa lembaga pendidikan SMA 2 Bae memiliki inovasi dengan membuat platform pendidikan berupa aplikasi PJJ SMADABA yang digunakan oleh guru PAI dan siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan hasil analisis menggunakan QDA Miner Lite dengan kode Aplikasi PJJ 57,7%. Kedua, mengenai literasi digital guru PAI bahwa kemampuan untuk mencari hal baru dengan teknologi. Semua guru PAI adaptif terhadap teknologi diketahui dengan kemampuan penggunaan aplikasi, mencari sumber pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Pada hasil analisis QDA miner lite pada kategori literasi digital, terdapat kode pelatihan 12% dan inovasi pembelajaran 3,9%. Ketiga, mengenai adaptasi teknologi berupa penyesuaian diri terhadap teknologi sudah adaptif, dengan dibuktikan dengan mengakses sumber pembelajaran dengan menghadirkan konten-konten pembelajaran yang menjadi referensi bahan dalam pembelajaran. Hasil analisis terdapat kode adaptasi teknologi 5,6% dan teknologi informasi 4,7%. Keempat, mengenai kreativitas mengajar guru PAI, adanya literasi digital ini memunculkan kreativitas guru PAI dalam membuat vidio pembelajaran, membuat ppt dari canva, yang diunggah melalui aplikasi PJJ SMADABA. Hasil analisis QDA Miner Lite menghasilkan kode kreativitas mengajar sebanyak 4,4%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasrukhin, MasrukhinUNSPECIFIED
Thesis advisorAkbar, Rofiq FaudyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: hybrid learning, aplikasi PJJ, literasi digital
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 07:54
Last Modified: 21 Oct 2023 07:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11173

Actions (login required)

View Item View Item