Lestari, Ita (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (431kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (299kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (496kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (785kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (301kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (763kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (296kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (475kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini, yaitu 1) untuk mengetahui bagaimana persepsi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tentang kurikulum merdeka belajar di SMA Kudus; 2) untuk mengetahui bagaimana penerapan merdeka belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Kudus; 3) untuk mengetahui bagaimana evaluasi dalam penerapan merdeka belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Kudus. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan model studi kasus. Penggalian data digunakan teknik wawancara, observasi, dan pengajian dokumen. Subjek pada penelitian ini, yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Teknik analisis data digunakan analisis model interaktif yaitu data reduction, data display, dan conclusion drowing/verification. Sedangkan untuk keabsahan data digunakan teknik yang dikembangkan, yakni credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian ditemukan bahwa; 1) Persepsi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Kudus tentang kurikulum merdeka belajar terdapat dua persepsi yang berbeda, yaitu ada yang setuju dan kurang setuju akan adanya kurikulum merdeka; 2) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis merdeka di SMA Kudus cara guru dan murid membuat kesepakatan mengenai tujuan pembelajaran dan di hubungkan dengan kehidupan sehari-hari, murid bebas memilih konten dan konteks pada materi pembelajaran. Strategi dan metode yang digunakan oleh guru sesuai kesepakatan bersama. Strategi yang digunakan adalah strategi Memorezing, Articulation, and Sharing. Sedangkan metode yang digunakan adalah tekateki silang, diskusi kelompok, tanya jawab serta ceramah, dan model pembelajaran yang digunakan adalah discovery learning; 3) Evaluasi guru dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis merdeka belajar di SMA Kudus, yaitu guru dan murid merefleksi kembali materi yang telah dipelajari, melakukan sharing materi kemudian dihubungkan dengan kegiatan sehari hari. Kemudian guru melakukan penilaian pada tiga aspek yaitu; aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif. Untuk penilaian sikap yang digunakan meliputi penilaian diri, penilaian antar teman, observasi, dan catatan pribadi guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | PAI dan Budi Pekerti, dan Merdeka Belajar | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
|||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2023 08:01 | |||||||||
Last Modified: | 21 Oct 2023 08:01 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11176 |
Actions (login required)
View Item |