Analisis Miskonsepsi Matematis Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Melalui Four Tier Diagnostic Test pada Materi Aljabar

Setyaningsih, Anis (2023) Analisis Miskonsepsi Matematis Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Melalui Four Tier Diagnostic Test pada Materi Aljabar. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (579kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (692kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (662kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (740kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (278kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB)

Abstract

Memahami konsep dinilai penting dalam matematika, maka perlu adanya tindakan untuk mengurangi kesalahan pemahaman konsep (miskonsepsi) yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran. Karena jika tidak ditangani dengan serius maka miskonsepsi akan menyebabkan kesalahan konsep yang terus berulang dan juga akan berdampak pada hasil belajar siswa karena keberhasilan siswa dalam memahami suatu konsep bergantung pada keberhasilan siswa dalam memahami konsep sebelumnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui miskonsepsi matematis yang dimiliki siswa menggunakan instrumen four tier diagnostic test dan juga untuk mendeskripsikan tingkat miskonsepsi matematis siswa pada indikator soal materi aljabar. Penelitian yang dilaksanakan di MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Kudus ini memiliki subjek sebanyak 28 siswa dari kelas VII B. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat diketahui bahwa rata-rata dari tiap indikator tersebut menghasilkan jumlah persentase siswa yang paham konsep sebesar 22,2%, siswa yang tidak paham konsep sebesar 18,3%, dan siswa yang mengalami miskonsepsi adalah 59,5%. Dari persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa miskonsepsi matematis keseluruhan siswa dapat dikategorikan dalam miskonsepsi tingkat sedang. Selain itu, dari 9 butir soal yang masing-masing mewakili 9 indikator menunjukkan adanya jenis miskonsepsi pengartian huruf, miskonsepsi notasi, miskonsepsi generalisasi, dan miskonsepsi pengaplikasian aturan dengan miskonsepsi terbanyak ditemukan pada jenis miskonsepsi generalisasi dan miskonsepsi paling jarang ditemui adalah miskonsepsi pengaplikasian aturan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMalasari, Putri NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi Matematis, Four Tier Diagnostic Test, Aljabar, Jenis Miskonsepsi
Subjects: Ilmu-Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 08:11
Last Modified: 21 Oct 2023 08:11
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11180

Actions (login required)

View Item View Item