Peran KSPPS BMT al Hikmah Dawe Kudus dalam Mengentaskan Ketergantungan Pedagang Kecil Terhadap Rentenir di Pasar Piji (Telaah Terhadap Literasi Keuangan dan Edukasi Manajemen Sumber Daya Insani)

Abidin, Zaenul (2023) Peran KSPPS BMT al Hikmah Dawe Kudus dalam Mengentaskan Ketergantungan Pedagang Kecil Terhadap Rentenir di Pasar Piji (Telaah Terhadap Literasi Keuangan dan Edukasi Manajemen Sumber Daya Insani). Masters thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (386kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (636kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (287kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (449kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis peran literasi dan edukasi manajemen sumber daya insani pada Instansi KSPPS BMT Al Hikmah Dawe Kudus dalam mengentaskan ketergantungan pedagang kecil terhadap rentenir. 2) Untuk menganalisis strategi manajemen sumber daya insani KSPPS BMT Al Hikmah Dawe Kudus. 3) Untuk mengetahui solusi/teori yang terapkan oleh instansi KSPPS BMT Al Hikmah Dawe Kudus guna memaksimalkan KSPPS BMT Al Hikmah Dawe Kudus dalam mengentaskan ketergantungan pedagang kecil terhadap rentenir. Metode penelitian yang digunakan adalah Pendekatan Kualitatif dan jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, metode yang digunakan peneitian ini adalah dengan mewawancarai secara langsung nara sumber kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) KSPPS BMT Al Hikmah melakukan peran literasi dan edukasi kepada masyarakat dengan cara memberikan informasi bahwa KSPPS BMT Al Hikmah sesuai dengan tuntunan syariah, melakukan pembinaan bagi usaha mikro, membantu nasabah dari rentenir, dan pembangunan pedesaan yang berkeadilan. 2) Strategi manajemen KSPPS BMT Al Hikmah yang digunakan adalah Proses pelayanan yang cepat, adanya promo untuk menarik nasabah, pelayanannya yang baik, lokasinya strategis, Pelayanan bisa Online maupun offline, dan Sumber Daya Insani yang berkualitas. 3) Solusi yang digunakan oleh KSPPS BMT Al Hikmah Dawe adalah melakukan peningkatan kapasistas sumber daya manusia melalui kegiatan kegiatan workshop untuk meningkatkan kualitas diri, pengalaman, dan pengetahuan. Kesimpulan KSPPS BMT Al Hikmah berperan terhadap pengentasan rentenir melalui peran literasi dan edukasi dengan beberapa program diantaranya adanya pembinaan usaha mikro, mengembangkan perekonomian yang berkeadilan, berakad sesuai tuntunan sayariah, proses pelayanannya cepat, dan sumber daya manusia yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsmayawati, AnyUNSPECIFIED
Thesis advisorMubarok, Muhammad HusniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Literasi, edukasi, rentenir, BMT
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Pascasarjana > Ekonomi Syariah (ES)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 08:22
Last Modified: 21 Oct 2023 08:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11187

Actions (login required)

View Item View Item