Laila, Zaqia Rizqy Nor (2023) Analisis Pendekatan Tam dan Self Efficacy Dalam Pengalaman Berbelanja Terhadap Niatan Mahasiswa Untuk Mengadopsi E-Commerce di Masa Depan. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (430kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (506kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (555kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (634kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (632kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (283kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (485kB) |
Abstract
Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi saat ini, mampumemberikan pengaruh baik terhadap bidang bisnis dan sosial dimana salah satucontohnya adalah e-commerce. E-commerce ialah kegiatan jual beli suatu produkyang dilakukan secara online melalui perangkat elektronik seperti komputer atausmartphone. E-commerce memberikan kemudahan seseorang dalam berbelanja.Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruhdari persepsi kemudahan (perceived usefulness), persepsi kemudahanpenggunaan (perceived ease of use), sikap menggunakan teknologi (attitudetowards using technology), dan kemampuan menggunakan teknologi (selfefficacy) dalam pengalaman mahasiswa terhadap niatan untuk mengadopsi ecommerce. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Objek penelitian ini yaitumahasiswa IAIN Kudus Angkatan 2021 yang pernah atau sering menggunakane-commerce. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 3.180 dan dengan rumusSlovin didapatkan sampel sebanyak 97 responden dengan menggunakanpurposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesionerkemudian data diolah menggunakan IBM Statistics SPSS Versi 25. Adapunanalisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik (ujinormalitas, uji glejser, uji multikolinieritas), dan hipotesis yakni regresi linierberganda (koefisien determinasi, uji signifikansi parameter simultan (uji f), ujisignifikansi parameter parsial (uji t)). Hasil penelitian ini menujukkan bahwa persepsi penggunaan (perceivedusefulness) dan sikap menggunakan teknologi (attitude towards usingtechnology) tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap niatan mahasiswadalam mengadopsi e-coomerce (e-commerce adoption). Sedangkan persepsikemudahan penggunaan (perceived ease of use) dan kemampuan menggunakanteknologi (self efficacy) memiliki pengaruh dan signifikan terhadap niatanmahasiswa dalam mengadopsi e-commerce (e-commerce adoption) di masadepan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Attitude Towards Using Technology, Self Efficacy, E-Commerce Adoption | ||||||
Subjects: | 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis Bisnis |
||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Oct 2023 01:44 | ||||||
Last Modified: | 22 Oct 2023 01:44 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11200 |
Actions (login required)
View Item |