Analisis Pendekatan Tam dan Self Efficacy Dalam Pengalaman Berbelanja Terhadap Niatan Mahasiswa Untuk Mengadopsi E-Commerce di Masa Depan

Laila, Zaqia Rizqy Nor (2023) Analisis Pendekatan Tam dan Self Efficacy Dalam Pengalaman Berbelanja Terhadap Niatan Mahasiswa Untuk Mengadopsi E-Commerce di Masa Depan. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (430kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (506kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (555kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (634kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (632kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (283kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (485kB)

Abstract

Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi saat ini, mampumemberikan pengaruh baik terhadap bidang bisnis dan sosial dimana salah satucontohnya adalah e-commerce. E-commerce ialah kegiatan jual beli suatu produkyang dilakukan secara online melalui perangkat elektronik seperti komputer atausmartphone. E-commerce memberikan kemudahan seseorang dalam berbelanja.Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruhdari persepsi kemudahan (perceived usefulness), persepsi kemudahanpenggunaan (perceived ease of use), sikap menggunakan teknologi (attitudetowards using technology), dan kemampuan menggunakan teknologi (selfefficacy) dalam pengalaman mahasiswa terhadap niatan untuk mengadopsi ecommerce. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Objek penelitian ini yaitumahasiswa IAIN Kudus Angkatan 2021 yang pernah atau sering menggunakane-commerce. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 3.180 dan dengan rumusSlovin didapatkan sampel sebanyak 97 responden dengan menggunakanpurposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesionerkemudian data diolah menggunakan IBM Statistics SPSS Versi 25. Adapunanalisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik (ujinormalitas, uji glejser, uji multikolinieritas), dan hipotesis yakni regresi linierberganda (koefisien determinasi, uji signifikansi parameter simultan (uji f), ujisignifikansi parameter parsial (uji t)). Hasil penelitian ini menujukkan bahwa persepsi penggunaan (perceivedusefulness) dan sikap menggunakan teknologi (attitude towards usingtechnology) tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap niatan mahasiswadalam mengadopsi e-coomerce (e-commerce adoption). Sedangkan persepsikemudahan penggunaan (perceived ease of use) dan kemampuan menggunakanteknologi (self efficacy) memiliki pengaruh dan signifikan terhadap niatanmahasiswa dalam mengadopsi e-commerce (e-commerce adoption) di masadepan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorCahya, Bayu TriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Attitude Towards Using Technology, Self Efficacy, E-Commerce Adoption
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis
Bisnis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 01:44
Last Modified: 22 Oct 2023 01:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11200

Actions (login required)

View Item View Item