Analisis Kemampuan Literasi Numerasi dan Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Konteks Budaya Kudus Pada Materi Bidang Datar

Yuliana, Eka (2023) Analisis Kemampuan Literasi Numerasi dan Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Konteks Budaya Kudus Pada Materi Bidang Datar. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (324kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (609kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (269kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)

Abstract

Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal literasi numerasi pada materi bdang datar terbukti menyebabkan kesulitan belajar bagi siswa. Berlandaskan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi numerasi siswa dan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal konteks budaya Kudus pada materi bidang datar. Jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sampel yang terpilih yaitu kelas VII B MTs NU Miftahul Ulum Kudus. Sampel dalam penelitian ini dipilih melalui teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini berjumah 27 siswa. Siswa mengerjakan soal uraian kemampuan literasi numerasi pada materi bidang datar, kemudian siswa tersebut dikelompokkan pada tiga kategori yaitu siswa dengan tingkat kemampuan literasi numerasi tinggi, sedang, maupun rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan literasi numerasi tingkat tinggi mampu memenuhi dua indikator kemampuan literasi numerasi dan melakukan kesalahan pada keterampilan menyelesaikan soal. Siswa yang memiliki kemampuan literasi numerasi tingkat sedang hanya mampu memenuhi satu indikator dan melakukan kesalahan dalam memahami soal dan keterampilan menyelesaikan soal. Sedangkan untuk siswa yang memiliki kemampuan literasi numerasi tingkat rendah belum memenuhi seluruh indikator dan melakukan kesalahan pada seluruh indikator kesalahan yaitu kesalahan dalam membaca soal, memahami soal, transformasi, keterampilan menyelesaikan soal, dan penulisan jawaban.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMalasari, Putri NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi Numerasi, Kesalahan, Soal Konteks Budaya Kudus, Bidang Datar
Subjects: Ilmu-Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 03:34
Last Modified: 22 Oct 2023 03:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11229

Actions (login required)

View Item View Item